Ketika Infeksi Saluran Kemih Menyebar ke Gagal Ginjal

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • pixabay/ jakobing85

VIVA – Buang air kecil atau berkemih merupakan hal yang alami. Proses tersebut terjadi dalam frekuensi tertentu. Selain menjaga metabolisme tubuh, dengan berkemih, zat-zat yang tidak dibutuhkan akan terbuang melalui cairan urine. Itulah sebabnya proses pembuangan urine ini penting sekali dilakukan dan tidak ditahan-tahan.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Namun sayangnya dalam kasus tertentu banyak orang yang sengaja menahan berkemih. Padahal, menahan berkemih bisa meningkatkan potensi Infeksi pada saluran kemih atau yang dikenal ISK.

Ilustrasi kelamin pria

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Dilansir web MD, ISK terjadi karena urine berada terlalu lama di kandung kemih. Seiring berjalannya waktu, infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan kondisi yang lebih serius. 

Memahami lebih jauh soal ISK, akan dikupas tuntas oleh dr Rachmat Budi Santoso, Sp.U dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Senin 12 Maret 2018.

Banyak Tentara Israel yang Terluka di Gaza Alami Infeksi Kesuburan

Dipandu oleh dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, AYO HIDUP SEHAT yang tayang live pukul 13.00-14.00 WIB ini juga membahas topik lain, yaitu tentang manfaat daun katuk bersama ahli gizi dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK.

AYO HIDUP SEHAT bisa Anda saksikan live streaming di sini.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya