Alasan Pria Sering Ereksi 'Otomatis' di Pagi Hari

Ilustrasi pria ereksi
Sumber :

VIVA – Bagi banyak pria, sadar atau tidak mereka kerap mengalami ereksi tiap bangun tidur di pagi hari. Ketika itu, meski tanpa rangsangan apa pun, alat vital pria sering membesar dan mengeras.

Jangan Abai, Ini 4 Dampak COVID-19 Varian Omicron pada Mr P

Banyak yang kemudian bertanya-tanya apakah hal ini normal terjadi atau tidak. Sementara di sisi lain, banyak juga yang bertanya apa sebetulnya penyebab ereksi alat vital pria saat pagi hari, yang seolah rutin itu?

Lantas, normalkah itu, dan apa penyebabnya? Berikut ini jawabannya seperti dikutip dari laman Metro.

9 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Selalu Kesiangan

Ereksi saat bangun tidur di pagi hari disebut dengan istilah nocturnal penile tumescence (NPT). NPT sebenarnya bukan hanya dialami saat baru bangun. Jika seorang pria tidak memiliki disfungsi ereksi fisiologis, dia akan mengalami NPT saat ia sedang tidur malam. Kabar baiknya, ini bermanfaat bagi kesehatan alat vital.

Pria yang sehat dijamin akan mengalami NPT saat tidur cukup teratur. Oleh sebab itu dokter menggunakannya sebagai cara untuk menentukan apakah disfungsi ereksi seorang pria bersifat fisiologis atau psikologis.

Bangun Tidur Merasa Lelah, Cobain Gerakan Ini Yuk

Hingga kini, penyebab utama dan fungsi NPT tidak begitu diketahui. Para ilmuwan mengemukakan teori bahwa perpindahan neuron tertentu di otak selama tidur memungkinkan tindakan rangsangan pada testerone sehingga menimbulkan NPT.

Teori lain adalah ereksi tersebut disebabkan oleh kandung kemih yang penuh, yang disebut ereks refleksi. Namun, kedua teori ini disebut belum menjawab sepenuhnya. Sehingga ereksi otomatis di pagi hari itu seolah menjadi misteri.

Ilustrasi wanita/sweater.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Selalu berpikir positif saat bangun tidur, apresiasi diri sendiri dan tersenyum agar dapat menjalani hari lebih baik. Dengan begitu, mood lebih terjaga.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2022