Tempat Gym Ternyata Jadi Sarang Kuman

Ilustrasi suasana di sebuah pusat kebugaran di Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Usai berolahraga di tempat gym, biasanya akan merasa sehat dan bugar. Nyatanya, Anda sebaiknya mandi lebih lama untuk membersihkan tubuh dari kuman yang menempel dari tempat gym tersebut.

Kerap Tatap Pusat Kebugaran, Pengungsi Suriah Diberikan Kejutan

Dilansir dari laman Reader's Digest, sebuah survei mengambil sampel dari 27 buah alat gym dari tiga tempat gym besar. Hasilnya, alat-alat tersebut memiliki rata-rata lebih dari 1,1 juta kumpulan kuman per inchi-nya.

Sebagai perbandingan, dudukan toilet hanya memiliki 172 kumpulan kuman per inchi-nya. Bahkan alat seperti treadmill dan sepeda statis memiliki 7 ribu kali lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet tersebut.

Bikin Salah Fokus, Fitness di Sini Boleh Tanpa Busana

Ilustrasi gym atau pusat kebugaran.

Menyentuh kuman memang tidak lantas membuat Anda sakit. Ada sebagian besar kuman yang tidak berbahaya atau hanya sedikit memicu bahaya. Sayangnya, bakteri yang ada di tempat gym tersebut berpotensi berbahaya yang tentu saja memicu rasa tidak nyaman.

Awas, Sering Nge-Gym Bikin Susah Ereksi

Untuk menghindari bakteri tersebut, Anda bisa membersihkan alat gym yang akan digunakan dengan hand sanitizer selama 30 detik sebelum dan sesudahnya. Selain itu, Anda juga bisa menahan agar tidak menyentuh area tubuh lainnya sebelum mencuci bersih telapak tangan Anda.

"Pertahanan terbaik Anda yaitu waspada sebelum mencuci tangan setelah gym dan sebelum makan atau menyentuh wajah Anda," ujar ahli mikrobiologi, Kelly Reynolds.

Ilustrasi pria.

Hati-hati, Rajin ke Gym Bisa Turunkan Libido Pria

Olahraga berlebihan pengaruhi gairah pria.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2018