Ayah Juga Bisa Lakukan Metode Kangguru Bagi Bayi Prematur

Bayi Prematur
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Perawatan metode kangguru sangat dianjurkan bagi bayi yang lahir dengan kondisi prematur atau kurang bulan. Metode ini dipercaya akan meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, dan mempercepat proses pemulihan anak itu sendiri. 

Memilukan, 5 Bayi Prematur di Gaza Ditemukan Membusuk di RS Al Nasr

Kian hari, bukan hanya peran ibu yang dibutuhkan dalam proses ini. Namun peran ayah juga semakin didorong untuk melakukan metode perawatan kangguru. 

"Kenapa kita dorong suami atau ayah juga bisa melakukan metode kangguru, selain juga bonding ke ayahnya, ini juga bisa lebih membantu ibunya ketika misalkan ibunya mandi atau ke pasar, dia bisa melakukan metode kangguru sama ayahnya," kata dokter spesialis anak Siloam Hospital Kebon Jeruk, Dr.dr Naomi Esthernita, SpA(K) saat ditemui VIVA di Jakarta. 

Biadab! Israel Tinggalkan Bayi-Bayi Prematur Palestina Hingga Membusuk di RS Anak Gaza

Menurut Naomi prinsip terpenting dari metode perawatan kangguru ialah skin to skin atau kulit bertemu dengan kulit. Sehingga sang anak bisa merasakan kehangatan dari orangtua secara langsung dan mendapat ketenangan. 

Ilustrasi bayi prematur

Top Trending: Suami-istri Cabuli Anak Kandung, Bayi Prematur Meninggal Usai Dibuat Konten

"Prinsipnya memang skin to skin, jadi diletakkan di dada, dan pantatnya disanggah. Jadi  metode kangguru ini seperti inkubator alami,"kata dia. 

"Jadi memang ini bikin bayi lebih tenang, mencegah supaya tidak hipotermia juga."

Naomi juga menjelaskan, bahwa pelibatan orang tua pada saat pemulihan bagi bayi prematur memang sangat dibutuhkan. Hal ini membantu mempercepat proses tersebut, sehingga kondisi bayi semakin membaik dan bisa segera dibawa ke rumah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya