Logo BBC

Laki-laki dengan Sperma Sedikit Berisiko Kena Penyakit

Tes kehamilan
Tes kehamilan
Sumber :
  • bbc

Kaum laki-laki dengan jumlah sperma sedikit cenderung memiliki sejumlah masalah kesehatan yang membuat mereka berisiko tinggi terkena penyakit, menurut penelitian baru.

Penelitian yang dilakukan terhadap 5.117 laki-laki menemukan, mereka yang memiliki jumlah sperma sedikit punya 20% kemungkinan lebih banyak memiliki lemak tubuh berlebih, tekanan darah tinggi dan kolesterol "jahat".

Mereka juga cenderung memiliki kadar testosteron rendah.

Para penulis dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa pria dengan jumlah sperma sedikit juga harus diuji untuk masalah kesehatan lainnya.

Jumlah sperma yang sedikit dan berbagai masalah yang terkait dengan kualitas sperma menjadi faktor bagi satu dari tiga pasangan yang sedang berjuang untuk hamil.

Tapi untuk penelitian baru ini, para ilmuwan menganalisis laki-laki pada pasangan tidak subur di Italia, untuk melihat apakah kualitas air mani juga merupakan penanda kesehatan umum bagi para pria.

Mereka menemukan lebih banyak pria dengan jumlah sperma rendah memiliki sindrom metabolik - sekelompok faktor risiko yang mencakup indeks massa tubuh yang lebih tinggi (BMI) dan tekanan darah meningkat. Kondisi ini menaikkan risiko terkena diabetes, serangan jantung dan stroke.