Di Balik Manfaat Luar Biasa Yogurt Bulgaria

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainImages

VIVA – Penduduk Bulgaria diketahui memiliki usia harapan hidup yang tinggi. Bahkan di salah satu pegunungan yang bernama Rhodope, penduduknya banyak yang berusia hingga 100 tahun.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Ternyata salah satu rahasianya adalah kebiasaan penduduk di sana yang suka mengonsumsi yogurt. Yogurt bukan sekadar selingan makanan atau minuman, tapi sudah menjadi bagian dari makanan utama mereka sehari-hari yang selalu ada setiap sarapan, makan siang, dan makan malam.

Dokter spesialis gizi, dr. Diana F. Suganda, SpGK mengatakan, yogurt Bulgaria memang memiliki perbedaan dibanding dengan yogurt lainnya. Kultur yogurt Bulgaria dikembangkan dalam situasi yang kondusif sehingga strain bakterinya memiliki kandungan protein yang tinggi.

Viral Lomba Puasa Megang HP Bisa Dapat Rp158 Juta

Selain bisa membuat tubuh lebih sehat sehingga panjang umur, protein tinggi ini juga bagus bagi mereka yang ingin menambah massa otot atau mereka yang rajin berolahraga di gym.

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.

5 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

"Bukti dari warga Bulgaria yang berusia 100 tahun, konsumsi yogurt yang intens tidak menutup kemungkinan warga Indonesia meski lingkungannya beda, kalau nutrisi bagus, secara genetik selanjutnya akan lebih bagus," kata Diana saat ditemui di sebuah acara belum lama ini.

Asupan makanan yang bagus, ditambah dengan aktivitas yang bagus, maka pada 10-20 tahun mendatang, usia harapan hidup orang Indonesia bisa lebih panjang.

Diana menjelaskan, yogurt bisa menjadi salah satu cara efektif memiliki usia lebih panjang adalah karena kandungan yogurt bisa membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Seluruh organ di dalam tubuh terdiri dari sel-sel.

"Protein menutrisi semua sel itu sehingga bisa berjalan dengan baik, fungsi organ baik, semua organ berfungsi baik, badan akan lebih sehat, dan umur lebih panjang, serta tidak sakit-sakitan," jelas Diana.

Nutrisi baik seperti vitamin dan mineral yang ada dalam yogurt, akan terpakai semua oleh sel tubuh untuk proses regenerasi. Sehingga penuaan yang sering ditakutkan itu prosesnya bisa mundur. Akhirnya, kita pun bisa terlihat lebih awet muda dan segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya