Awas, Furnitur Rumah Bisa Picu Kanker

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Penyebab penyakit kanker belum diketahui secara pasti. Meski begitu, tak sedikit pemicu kanker bertebaran di berbagai tempat, termasuk di sekitar rumah.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Siapa sangka di tiap-tiap sudut rumah Anda bisa memicu hadirnya kanker. Berikut beberapa benda yang dapat memicu kanker beserta cara menghindarinya, dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Sofa

5 Dampak Buruk Menggunakan Rokok Elektrik, Bisa Ancam Kesehatan Orang Lain

Tempat duduk nyaman favorit Anda mungkin bisa menimbulkan kanker. Banyak sofa dan matras yang dapat memicu timbulnya kanker akibat bahan kimia bernama TDCIPP yang diberikan. Bahan kimia tersebut sangat sering hadir di debu rumah tangga dan ditemukan di dalam darah. Hindari sebisa mungkin furnitur dengan bahan tersebut.

2. Karpet

Atasi Gatal dengan Oleskan Lidah Buaya, Hati-hati Efek Ini

Cadmium adalah bahan karsinogenik yang berasal dari asap rokok. Jika Anda merokok di dalam rumah, asap tersebut akan menempel di karpet atau bahan kain lainnya dan akan menempel terus hingga waktu cukup lama. Disarankan untuk tidak lagi merokok di dalam rumah agar mencegah proses terjadinya third hand smoker.

Ilustrasi Karpet

3. Taman

Dioxin merupakan bahan kimia yang hadir di produk yang membaur menjadi campuran air dan tanah. Biasanya, bahan kimia ini hadir di dalam residu sayur mayur. Dengan begitu, risiko kanker semakin terpapar akibat bahan dioxin tersebut. Untuk mencegahnya masuk ke tubuh, gunakan sarung tangan saat mengerjakan sesuatu untuk taman dan selalu mencuci tangan sebelum masuk ke rumah.

4. Produk pembersih

Formaldehid diketahui bersifat karsinogenik yang hadir di dalam makanan, kosmetik, produk pembersih, bahan melukis, dan sebagainya. Untuk menghindari menghirup formaldehid, pastikan memilih produk pembersih yang aman dari bahan kimia tersebut. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya