Rajin Sikat Gigi Mampu Cegah Risiko Diabetes

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Tak hanya menghindari gigi rusak, menyikat gigi secara rutin bisa memberikan banyak sekali manfaat. Menurut seorang pakar kesehatan gigi, menyikat gigi juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Dr. Mark Hughes, pendiri Harley Dental Studio, mengatakan bahwa penumpukan bakteri di dalam mulut bisa masuk ke aliran darah melalui pembuluh kapiler di gusi. Hal ini menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan arteri.

Arteri yang tersumbat berhubungan dengan banyak sekali masalah kesehatan, termasuk diabetes. Dengan menyikat gigi dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah lain di tubuh Anda.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ilustrasi sikat gigi

"Riset menunjukkan bahwa bakteri bisa menyebabkan penyakit gusi. Peradangan di gusi bisa membuka kapiler, sehingga berdarah dan bakteri dari lubang di gigi bisa berakhir di aliran darah, menyebabkan plak di pembuluh darah," jelas Hughes seperti dilansir laman Metro.co.uk.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Selain itu, masih ada banyak lagi penelitian yang menunjukkan kaitan antara kesehatan keseluruhan Anda dengan kesehatan mulut. Mulai dari penyakit kardiovaskular, diabetes, Alzheimer's, hingga kelahiran prematur. Sudah ada banyak studi yang meneliti semua ini. (one)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024