Waspada, Gejala Ringan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Ilustrasi leher.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Jika Anda merasa ada pembengkakan di area leher atau ketiak, sebaiknya Anda waspada. Karena bisa jadi itu adalah gejala infeksi kelenjar getah bening.

Baru Terdeteksi saat Stadium Lanjut, Kenali Gejala Hingga Faktor Risiko Kanker limfoma Hodgkin

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu tubuh menyingkirkan virus atau bakteri, sekaligus menyediakan sel darah putih untuk melawan virus atau bakteri tersebut.

Pembengkakan biasanya terjadi jika ada infeksi atau penyakit lain yang menyerang jaringan di dekatnya. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi di selangkangan, leher, ketiak, di bawah rahang, dan di belakang telinga.

Penyebab dan Cara Pengobatan Limfadenitis yang Dialami Anak Bungsu Jessica Iskandar

Bila pembengkakan terjadi, akan muncul benjolan sebesar kacang di bawah kulit dan berwarna merah, nyeri, serta hangat saat ditekan atau disentuh. 

Selain itu, gejala lain yang mungkin terjadi adalah pilek, sakit tenggorokan, sakit telinga, demam, dan kelelahan.

Putra Bungsu Jessica Iskandar Didiagnosis Limfadenitis, Apa Itu?

Ilustrasi kelelahan.

Lalu bagaimana agar kelenjar Getah Bening tidak mudah terinfeksi?

Spesialis penyakit dalam, dr Edwin L Jim, SpPD-KPTI akan menjelaskan seputar bahaya infeksi kelenjar getah bening, dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Rabu 28 Maret 2018.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila, BMedSc. AYO HIDUP SEHAT juga mengangkat topik yang tidak kalah menarik tentang manfaat jeruk nipis bagi kesehatan bersama pakar gizi klinis Dr. dr Samuel Oetoro, MS, SpGK.

Saksikan tayangan live streamingnya pada pukul 13.00-14.00 WIB di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya