Alasan Kenapa Pasangan Menikah Cenderung Makin Gemuk

Ilustrasi pasangan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Memiliki pasangan bisa jadi solusi berbagai macam hal, bukan hanya masalah mengobati kesepian, memiliki pasangan ternyata juga bisa meningkatkan berat badan. Banyak yang berasumsi kondisi itu dikarenakan mereka sudah hidup teratur dan saling memperhatikan. Benarkah demikian?

Awas! Puasa Ramadhan Bisa Bikin Gemuk? Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari

Sebuah penelitian ternyata menyatakan hal serupa. Pasangan yang baru menikah juga berisiko mengalami kenaikan berat badan. Sebuah studi dari University of Glasgow menyebutkan bahwa rata-rata pengantin baru naik berat badan sekitar 2 kg di tahun pertama pernikahan.

DIlansir Independent, penelitian lain dari Central Queensland University di Australia telah meneliti lebih dari 15 ribu orang dewasa. Di mana tiga perempat diantaranya memiliki pasangan, untuk menentukan apakah status hubungan berpengaruh pada gaya hidup sehat. 

Singkirkan Lemak dan Berat Badan Turun Seminggu, Hanya dengan Resep ala dr. Zaidul Akbar Ini

Usia rata-rata partisipan adalah 52 tahun dan dibedakan antara wanita dan pria. Para peneliti mengumpulkan data dari survei tahunan yang dilakukan selama sembilan tahun dari 2005 hingga 2014. 

Ilustrasi pasangan

Gegara Obesitas dan Tak Bisa Diet, Pria Sadis Dibebaskan dari Penjara

Penelitian yang dilakukan dengan pimpinan Stephanie Schoeppe menyimpulkan, bahwa mereka yang berpasangan cenderung menjalankan pola hidup sehat. 

Pasangan mengonsumsi jumlah buah dan sayur yang lebih banyak secara kuantitas dan menghindari merokok, minum alkohol berlebihan, dan konsumsi makan cepat saji. 

Meski demikian, ternyata massa tubuh mereka tetap lebih tinggi dibandingkan mereka yang lajang. Schoeppe berpikir bahwa ada beberapa faktor penyebab, seperti perasaan tertekan yang lebih kecil dan dampak dari memiliki anak. 

"Ketika seseorang tak perlu terlihat menarik dan langsing untuk menarik perhatian pasangan, mereka mungkin merasa lebih nyaman untuk makan lebih banyak, atau makan makanan yang tinggi lemak dan gula," ujarnya.

Selain itu, orangtua juga cenderung makan makanan anak yang tak dihabiskan, sehingga berat badan pun meningkat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya