Rutin Konsumsi Cokelat Baik untuk Kesehatan dan Kulit

Ilustrasi makan cokelat.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Bagi sebagian orang, menikmati sebatang cokelat bisa meninggalkan perasaan bersalah karena khawatir bisa menambah berat badan. Tapi ternyata, mengonsumsi cokelat punya manfaat yang baik bagi kesehatan.

10 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Seorang ahli nutrisi Cassandra Barns mengungkapkan manfaat mengonsumi cokelat mentah, yakni cokelat yang belum diproses dan lebih menyehatkan. Meski tidak benar-benar sama dengan cokelat batang yang Anda konsumsi sehari-hari, cokelat mentah bisa ditambahkan ke dalam puding atau smoothies.

Dilansir dari laman The Sun, berikut lima manfaat sehat yang bisa didapat dari cokelat.

Studi: Menghirup Aroma Cokelat Bisa Membantu Berhenti Merokok

Baik bagi jantung

Cokelat mentah kaya akan flavanol, senyawa tanaman yang dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, menurunkan tekanan darah dan peradangan, bahkan memperbaiki kadar kolesterol.

Ternyata Cokelat Bisa Redakan Batuk, Lho!

"Kadar flavanol dapat banyak berkurang ketika cokelat dibakar untuk membuat cokelat konvensional," kata Cassandra.

Selain itu, Cassandra menambahkan, cokelat juga kaya akan kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan magnesium yang penting untuk fungsi otot, dan jantung adalah otot yang paling penting.

Meningkatkan energi

Cokelat mengandung kafein dalam jumlah kecil, bersamaan dengan theobromine yang memiliki efek meningkatkan energi secara ringan, tanpa rasa gugup yang bisa Anda dapat seperti saat minum kopi.

"Makan beberapa potong cokelat mentah bisa menjadi cara membangkitkan semangat yang baik di siang hari tanpa perasaan stimulasi yang berlebihan dan gugup seperti ketika minum kopi," kata Cassandra.

Apa yang membuat cokelat menjadi penambah energi yang baik adalah kandungan magnesiumnya. Magnesium penting bagi tubuh untuk memproduksi energi, dan banyak orang yang tidak mendapatkan jumlah magnesium yang cukup setiap harinya.

Baik untuk kulit

Cassandra mengatakan, mengonsumsi cokelat yang kaya flavanol bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi di kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan mengurangi kulit kasar dan berkerak.

"Mengonsumsi cokelat bisa membantu membuat Anda tampil muda, tapi pilih cokelat yang mentah untuk manfaat yang luar biasa," ujar Cassandra.

Ilustrasi cokelat.

Membantu mencapai target olahraga

Efek meningkatkan energi yang alami dari cokelat mentah bisa menambah energi Anda sebelum olahraga, memberikan Anda dorongan yang diperlukan untuk melakukan sesi di gym.

"Magnesium yang ada dalam cokelat mendukung fungsi otot, menambah keseimbangan elektrolit dan bisa bermanfaat bagi pemulihan otot juga," kata Cassandra.

Selain itu, flavanol dalam cokelat bisa memberikan efek antiperadangan, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mendukung pemulihan setelah olahraga.

Membuat bahagia

Cokelat mengandung beberapa zat yang bisa mempengaruhi suasana hati secara positif, yang meliputi phenylethylamine (PEA), senyawa alami yang dibuat di otak.

"PEA berkaitan dengan mood yang baik, dan dikatakan diproduksi dalam jumlah besar ketika kita jatuh cinta. Cokelat juga kaya akan mineral seperti magnesium dan seng yang membantu memproduksi zat kimia otak yang menimbulkan perasaan baik seperti serotonin dan dopamin," tutur Cassandra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya