Nonton Konser Lebih Menyehatkan Dibanding Yoga

Konser The Chainsmoker
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Sebuah studi baru mengklaim bahwa pergi menonton konser memiliki manfaat lebih untuk kesehatan dibandingkan melakukan yoga.

Peran Penting Pakaian Olahraga dalam Mendukung Performa dan Kenyamanan

Dilansir laman Daily Mail, sejumlah peneliti menemukan bahwa orang yang mendengarkan hingga 20 menit musik live, mengalami peningkatan mood hingga 21 persen. Sedangkan mereka yang hanya mengikuti kelas yoga dalam waktu yang sama, mengalami peningkatan kesehatan hanya 10 persen.

Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa musik melepaskan zat kimia penambah mood di otak dan orang yang lebih bahagia itu memiliki hidup yang lebih panjang.

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju Terjadi, Warga Ributkan Hal Ini

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Goldsmiths, University of London, mengatakan bahwa mendengarkan musik live bisa menambah beberapa tahun usia hidup seseorang.

“Penelitian kami menunjukkan dampak besar dari konser terhadap perasaan sehat, kebahagiaan, dan kebugaran, dengan kunjungan rutin atau dua minggu sekali sebagai kuncinya," ujar Patrick Fagan, seorang pakar ilmu pengetahuan perilaku dan dosen rekanan di Goldsmith University of London.

Rumah Tangga Retak dengan Arya Saloka, Putri Anne Jalani Terapi Trauma

Antusiasme para penonton konser musik Dream Theater

Ini bukanlah studi pertama yang mengaitkan musik dengan kebahagiaan. Sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan di Nature Neuroscience menemukan bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan kadar dopamine, zar kimia yang meningkatkan mood, hingga setidaknya 9 persen.

Sementara itu, meta analisis yang dipublikasikan di Cell tahun 2013 mengungkapkan bahwa musik dikaitkan dengan immunoglobin A, sebuah antibodi yang membantu melawan bakteri, virus, dan penyerang lainnya.

Peneliti belum yakin kenapa bisa demikian, tapi diyakini kalau mood negatif dan stres kronik bisa menyebabkan peradangan yang berkontribusi kepada sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Hilangnya stres kronik bisa mengurangi risiko itu.

Para peneliti dari studi saat ini mengombinasikan temuan mereka dengan hasil sebuah polling dari 2.000 orang yang dilakukan oleh O2 Arena, sebuah tempat konser besar di London.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mendatangi konser sekali atau lebih dalam dua minggu, kemungkinan besar mendapatan skor 10/10 untuk kebahagiaan, kepuasan, produktivitas, dan harga diri pribadi mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya