Menyoal Keamanan Konsumsi Obat Kedaluwarsa

Ilustrasi obat/suplemen.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Tanggal kedaluwarsa obat biasanya menjadi batasan aman untuk dikonsumsi tubuh. Meski begitu, obat yang sudah melewati masa kadaluwarsanya, masih tetap bisa dikonsumsi hingga empat dekade lamanya.

Jangan Panik Jika Ada Angka Ini di SIM Anda

Dilansir dari laman Reader's Digest, Selasa, 3 April 2018, Journal of the American Medical Association (JAMA) menemukan, obat-obatan memiliki potensi untuk dikonsumsi hingga empat dekade lamanya. Tanggal kedaluwarsa berarti pihak manufaktur masih menjamin potensi penuh dan keamanan terhadap obat yang diproduksi.

Siapa sangka, peneliti dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menemukan bahwa lebih dari 90 persen dari 100 jenis obat, masih sangat baik digunakan hingga 15 tahun mendatang usai tanggal kedaluwarsanya. Sehingga, aman untuk tetap mengonsumsi obat meski telah melewati masa kedaluwarsa.

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

Dari 14 jenis kandungan aktif obat, 90 persennya masih efektif untuk digunakan dan dikonsumsi dengan rentang 28 hingga 40 tahun lamanya. Kandungan yang efektivitasnya di bawah 90 persen yakni amfetamin, fenacetin, dan aspirin.

Ilustrasi obat.

Ada Kabar Gembira untuk Pemudik yang Lewat Jalan Tol

Adapun beberapa jenis obat yang harus dihindari setelah melewati masa tenggatnya yakni tetrasilin. Jenis antibiotik itu kehilangan kekuatannya usai melewati tanggal kedaluwarsa.

Selain itu, ada obat untuk indikasi penyakit jantung yaitu nitrogliserin. Serta, insulin dan antibiotik dengan jenis cairan.

Untuk itu, jika Anda ragu untuk mengonsumsi obat dengan masa tenggat yang sudah melewati batasnya, segera cek jenis obat tersebut. Jika obat tersebut masuk dalam jenis obat yang harus dihindari, maka segera buang dan beli yang baru untuk keamanan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya