Stres Bisa Picu Masalah Kulit, Sekali Kena Tak Ada Obatnya

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA – Masalah kulit tak hanya dipengaruhi oleh faktor higienitas dan alergi saja. Kondisi psikis ternyata juga bisa memicu penyakit pada kulit. Salah satunya adalah stres yang bila tidak terkontrol, bisa timbul eksim atau dermatitis atropi.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Menurut spesialis kulit dan kelamin dari RS dr. Soetomo Surabaya, dr. Irmadita Citrashanty, SpKK, eksim merupakan gangguan autoimun. Penyakit tersebut tak seperti penyakit akibat bakteri yang biasanya cukup diobati dengan antibiotik.

"Eksim tidak ada penyebabnya, jadi yang bisa kita obati hanya gejalanya saja," ujar Irmadita saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Eksim, lanjut Irmadita, sering terjadi karena stres. Ini sudah menjadi bawaan dari penderita autoimun, yang imunitasnya mudah berubah.

"Faktor imunitas yang berubah, bukan menurun, yang membuat eksim lebih rentan terjadi," kata Irmadita.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Meski begitu, eksim bisa disembuhkan. Hanya saja pengobatannya berbeda dengan masalah kulit yang disebabkan infeksi virus dan bakteri. Namun, karena timbul akibat perubahan imun, eksim bersifat rekuren atau bisa muncul kembali.

Ilustrasi daun salam.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Di balik kepopulerannya sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan, daun salam memiliki rahasia lain yang sering terlewatkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024