Sering Dianggap Aib, Ngiler Saat Tidur Pertanda Penyakit

Ilustrasi ngiler
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ngiler atau ngeces adalah mengeluarkan air liur dalam keadaan tidak sadar pada saat tidur. Ngiler pada saat tidur merupakan kejadian yang wajar, terutama pada bayi dan anak-anak.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Ngiler bagi orang dewasa bisa merupakan akibat dari kebiasaan tidur yang tidak baik. Ngiler bagi bayi dan anak-anak lebih sering terjadi, dan volumenya juga lebih besar. Tidak heran, bantal bayi dan anak-anak biasanya terdapat bercak yang menyerupai pulau-pulau.

Bagi orang dewasa, ngiler bisa juga  diakibatkan karena adanya kelainan kelenjar ludah, atau merupakan bawaan dari suatu penyakit. Seperti disebutkan di British Journal of Medical Practitioners, kelebihan produksi air liur atau ngiler bisa menandakan gangguan syaraf, misalnya pada penderita stroke atau memiliki cerebral palsy (gangguan gerak yang memengaruhi otot, gerakan, dan keterampilan motorik, akibat kerusakan otak).

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Pada kasus tersebut biasanya air liur yang keluar bisa sangat banyak. Sehingga menimbulkan dehidrasi, bau mulut, kulit sekitar bibir pecah-pecah, dan masalah lainnya.

Untuk mengupas lebih mendalam tentang kebiasaan ngiler ini, saksikan tayangan Ayo Hidup Sehat, Kamis, 5 April 2018, pukul 13.00 WIB di tvOne. Ada dr. Syahrial M. Hutahuruk, Sp. T.H.T.K.L(K), dipandu pembawa acara dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr. Sheila Salsabila, BMedSc.

4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa

Anda juga bisa menyaksikan live streamingnya di laman VIVA.co.id, pilih kanal VLIX, lalu tvOne, atau langsung klik ini.

Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021