Benarkah Capsaicin Lada Bisa Cegah Kanker

Petani memetik biji lada menggunakan gunting di Desa Batu Pannu, Mamuju
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

VIVA – Merica atau lada merupakan salah satu rempah yang digunakan hampir di setiap masakan Indonesia. Tanaman yang memiliki sebutan ilmiah Piper nigrum L ini memiliki dua jenis yang dikenal banyak orang, yaitu lada hitam dan lada putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Bumbu dapur ini juga dikenal dengan sebutan The king of spice (Raja Rempah-Rempah) karena sering ditambahkan sebagai penambah cita rasa dalam berbagai masakan. 

Ternyata, lada atau juga disebut merica memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Kandungan nutrisi pada merica adalah vitamin K, vitamin A, B, C dan vitamin E. Merica juga mengandung serat, karbohidrat dan protein, namun sangat rendah kolesterol dan kadar gula. 

Cara Mudah Turunkan Berat Badan Dengan Lada Hitam

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Lada mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan capsaicin, yang merupakan senyawa yang membuat rasa pedas seperti pada cabai. 

Dilansir Web MD, sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Inggris di University of Nottingham, dan studi lain oleh American Association of Cancer Research melaporkan bahwa capsaicin mampu membunuh sel kanker tertentu, terutama sel kanker prostat. Benarkah demikian?

Pakar gizi klinis dr Verawati Sudarma, MGizi, SpGK akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Selasa 10 April 2018.

Dipandu host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Reinita Arlin Puspita, AYO HIDUP SEHAT dapat disaksikan live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di link ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya