Geriatri, Ilmu Kedokteran yang Akan Marak di Masa Depan

Ilustrasi pasangan lanjut usia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Meningkatnya jumlah populasi usia lanjut di Indonesia di masa mendatang akan menjadi masalah sosial, ekonomi, dan kesehatan. Dari aspek kesehatan, problematika tersebut bisa berupa bertambahnya jumlah pasien geriatri.

Gairah Seks Kendor Saat Usia Lanjut, Mitos atau Fakta?

Dr. Asril Bahar, SpPD, K-P, K-Ger., menjelaskan apa yang dimaksud dengan pasien geriatri. Geriatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari masalah kesehatan pada usia lanjut, biasanya menyangkut aspek kuratif, rehabilitatif, dan preventif, serta psikososial.

"Pasien geriatri memiliki ciri-ciri yang khas, yakni pasien yang berusia lebih dari 60 tahun, multi-pagologi, tampilan klinis tidak khas, fungsi organ menurun, gangguan status fungsional (fisik-mental), gangguan nutrisi, dan polifarmasi, " terang Dr. Asril saat ditemui VIVA dalam HUT ke-36 RS. Tebet Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Manfaat Sholat Tarawih bagi Manula Sama dengan Olah Raga

Ketika Robot Menemani Masa Tua Lansia di Jepang

Lanjut Dr. Asril, tidak sembarang pasien dapat dikategorikan sebagai pasien geriatri. Hanya pasien yang sudah memiliki gangguan komplikasi saja yang bisa disebut dengan pasien geriatri.

Tega Tak Kasih Duduk Lansia Dianggap Tindakan Tepat

"Jika pasien masih mengalami penyakit yang kompleks, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis. Namun jika penyakitnya sudah komplikasi, seperti perpaduan asam urat, diabetes, stroke, TBC, dan masih banyak lagi, baru bisa disebut dengan pasien geriatri, " ucapnya.

Saat ini sudah tersedia fasilitas penderita geriatri yang meliputi poliklinik geriatri di RS. Tebet yang meliputi ruang rawat akut geriatri, ruang rehabilitasi, day hospital, nursing home, dan fasilitas home care.

Perempuan lanjut usia

4 Trik Rahasia Tetap Sehat Diusia Lanjut

Dengan sedikit perubahan gaya hidup, kita dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu dan menjalani hidup yang bahagia diusia lanjut. Ikuti gaya hidup sehat dan positif.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2022