Kebiasaan Remeh Ini Bikin Tubuh Bugar Sampai Tua

Ilustrasi tubuh sehat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seiring berjalannya waktu, bukan hanya umur saja yang berkurang namun juga kebugaran tubuh. Karenanya semakin tua umur seseorang, semakin melemah fisiknya.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Hal tersebut membuat tidak sedikit orang yang berusia lanjut mulai mengalami berbagai penyakit, seperti asam urat, diabetes, stroke dan masih banyak lagi. Karenanya Dr. Asril Bahar, SpPD, K-P, K-Ger., mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan, terutama ketika memasuki 30 tahun.

Ia pun memaparkan cara menjaga kesehatan untuk usia lanjut agar terhindar dari penyakit. "Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan medical check up dengan rutin. Sebaiknya sudah dilakukan sejak usia, yakni saat 30 tahun," ucapnya saat ditemui  VIVA dalam HUT ke-36 RS. Tebet di Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Ilustrasi berolahraga.
Menurut Dr. Asril, dengan melakukan medical check up secara tertatur, Anda dapat mencegah kemungkinan penyakit yang ada di dalam tubuh, sehingga memperkecil potensi terjadinya komplikasi. Hal kedua yang harus dilakukan adalah perbanyak aktivitas fisik, agar sendi-sendi terus terasah dan mencegah obesitas.

"Usahakan 30 menit 3 kali dalam seminggu, untuk yang sudah berusia lanjut, dapat melakukan olah raga fisik seperi jalan santai, bersepeda, atau berenang, " ucapnya. Dr. Asril juga menyarankan agar mengonsumsi makanan secukupnya dan seimbang.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Makanan sehat untuk mata.

Yang terakhir, menjaga tingkat stres. Dengan bertambahnya umur, semakin banyak hal yang harus dipikirkan. Hal tersebut dapat memicu penyakit seperti darah tinggi dan gangguan jantung.

"Beberapa orang yang sudah berusia lanjut masih ada yang bekerja, dan beberapa yang tidak. Masing-masing memiliki tingkat stres yang berbeda, baik dalam keluarga, keuangan, dan lainnya. Jadi penting untuk menjaga pikiran agar selalu positif," ucapnya. Untuk bersahabat dengan rasa stres, salah satu caranya adalah dengan berlibur, dan melakukan hobi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya