Olahraga Ini Pantang bagi Si Gemuk, Bisa Bikin Cedera

Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.
Sumber :
  • Pixabay/ cocoparisienne

VIVA – Mendapatkan tubuh yang ideal dan bugar tak cuma butuh makanan seimbang, tapi juga olahraga teratur. Tapi, olahraga pun tak boleh sembarangan.

1000 Peserta Bakal Ikuti Grid Cardio Rush, Ada Pemain Dewa United

Menurut dr. Ade Jeanne L. Tobing, SpKO, mereka yang bertubuh gemuk sebaiknya menghindari olaharaga lari atau jogging. Karena, olahraga ini bisa membahayakan bagi sendi mereka.

"Kalau lari, dia ada fase melayang yang bisa sampai delapan kali berat tubuh, lutut akan bermasalah," ujar Ade saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Ajak Puluhan Artis Olahraga Lari dan Donasi

Sebaiknya, Ade menyarankan, untuk memilih berjalan kaki saja atau berjalan cepat (brisk walk). Olahraga lain yang juga sangat baik dipilih bagi mereka yang bertubuh gemuk adalah senam atau aerobik.

"Senam air juga boleh, atau disebut aquarobic. Atau sepeda, karena berat tubuh kita dibopong oleh tubuh kita sendiri," ujar Ade.

Sukses Digelar, 4 Ribu Pelari Ramaikan Victoria Run 2023

Hal yang sama juga berlaku pada anak-anak dengan tubuh gemuk. Sebaiknya jangan memilih olahraga lari untuk mereka karena akan mencederai lutut anak bertubuh gemuk. Otot-otot di dalam tempurung lutut mereka akan terluka.

Sebaiknya, lakukan aktivitas fisik selama 60 menit. Untuk anak-anak, aktivitas fisik bisa berupa bermain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya