Olahraga Efektif Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Kegemukan atau overweight menjadi pangkal dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes. Menurut dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, kegemukan bisa mengakibatkan gangguan fungsi insulin.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Ini bisa memunculkan semua faktor seperti kolesterol, tekanan darah, dan gula darah naik," ujar Yunir saat media briefing 'Lindungi Keluarga dari Diabetes' di Gedung P2P, Percetakan Negara, Jakarta, Jumat 13 April 2018.

Pada mereka yang bermasalah dengan lingkar pinggang atau perut besar, lemak di bagian ini bisa menyebabkan resistensi insulin. Yunir mengungkapkan, dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah lemak perut berkaitan dengan resistensi insulin.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Resistensi insulin yang naik, berarti gula darah akan naik. Selain itu, gemuk berisiko penyakit jantung lebih tinggi," lanjut Yunir.

Ilustrasi diabetes.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Salah satu cara mudah untuk mengantisipasi hal ini, saran Yunir, adalah dengan berolahraga. Olahraga diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, bisa menurunkan berat badan dan memperbaiki kadar gula darah.

"Resistensi yang buruk bisa jadi lebih baik. Disiplin kuat, kendalikan gula darah dan tekanan darah dengan melakukan jogging, sepeda, atau berenang," lanjut Yunir.

Daun Mint

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Daun mint mengandung genus Mentha dan umumnya digunakan untuk keperluan kuliner dan pengobatan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024