Alasan Kenapa Sidik Jari Manusia Bentuknya Unik

Ilustrasi sidik jari.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Tubuh manusia memang menyimpan banyak misteri. Kita sendiri bahkan tak tahu bahwa ada fakta dan fungsi tersembunyi di setiap bagian tubuh yang kita miliki. 

Bareskrim Luncurkan Aplikasi Pengambilan Sidik Jari Tanpa Antre

Tahukah kamu mengapa sidik jari kita unik? Dilansir dari laman Reader's Digest, sidik jari adalah salah satu misteri tubuh manusia yang tak banyak diketahui. Keunikan sidik jari tersebut bahkan membuat saudara kembar sekali pun tak memiliki garis yang sama.

Banyak yang mempertanyakan alasan bentuk dari sidik jari nampak bergelombang di bagian atasnya. Selama bertahun-tahun juga, para peneliti mencari tahu alasan di balik keunikan bentuk sidik jari tersebut.

Ahli Forensik dr. Stephanie Bongkar Kematian Tak Wajar Jasmin Fiore

sidik jari

Awalnya, peneliti percaya bahwa sidik jari dapat membantu manusia mempermudah proses memegang atau mencengkram sesuatu. Tapi ternyata, kehadiran bentuk sidik jari tersebut membuat kulit tidak mudah menempel dengan berbagai objek.

Tidak Cuma Alien, Makhluk Ini juga Ada di Luar Bumi

Berbagai teori mendukung penemuan tersebut. Dikatakan salah satu teori, tujuan dari evolusi bentuk sidik jari yang unik ini yakni untuk menjaga jari-jari manusia agar tidak mudah menempelkan objek berbahaya. 

Tak hanya itu, menurut teori lainnya, bentuk unik sidik jari tersebut membuat jari dapat dengan mudah merasakan sesuatu yang sensitif. Kendati demikian, alasan-alasan tersebut masih terus dicari tahu oleh para peneliti.

Huawei Matebook D14 2024.

Mengaktifkan Huawei Matebook D14 2024 Cukup Pakai Sidik Jari

Pada laptop Huawei Matebook D14 2024 terdapat 'fingerprint power button'. Jadi, untuk dinyalakan hanya butuh sidik jari sehingga lebih praktis.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024