Minum Alkohol Berlebih Memperpendek Usia hingga 5 Tahun

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum bahwa minum alkohol berlebihan bisa merusak kesehatan. Sudah banyak penelitian-penelitian yang mengungkapkan, bahwa minum alkohol bisa menyebabkan kerusakan otak, gangguan hati, penyakit jantung hingga masalah sistem pencernaan. 

Bayi Satu Bulan Meninggal Setelah Diberi Alkohol Oleh Kakeknya

Penelitian terbaru menyatakan, kebiasaan minum alkohol secara teratur bisa memperpendek usia empat sampai lima tahun. Hal ini disimpulkan setelah dilakukan penelitian terhadap 600 ribu peminum di Inggris. 

Dilansir dari BBC, Minggu 15 April 2018, peneliti menyatakan, bahwa minum alkohol 10 sampai 15 kali setiap minggu, dapat mempersingkat hidup seseorang antara satu dan dua tahun. 

12 Mitos Populer tentang Alkohol dan Mabuk

Para peneliti bahkan memperingkatkan mereka yang minum lebih dari 18 kali dalam seminggu bisa kehilangan empat hingga lima tahun masa hidup mereka. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal ilmiah, The Lancet. 

Ilustrasi aneka minuman beralkohol

Peneliti: Alkohol Penyebab Kanker di Beberapa Bagian Tubuh

Peneliti dari Universitas Cambridge ini meneliti kebiasaan minum alkohol dan kesehatan di 19 negara. Mereka meneliti berapa banyak kehidupan seseorang dapat hilang jika mereka minum alkohol seumur hidup mereka mulai dari usia 40 tahun. 

Mereka juga menemukan bahwa mereka yang minum alkohol lima sampai 10 kali seminggu dapat memperpendek usia mereka sampai enam bulan. 

Minuman beralkohol/Ilustrasi.

Selain itu peneliti menyatakan minum alkohol meningkatkan risiko sakit kardiovaskuler. Setiap 12,5 unit alkohol di atas pedoman kesehatan meningkatkan risiko stroke (14 persen), penyakit hipertensi fatal (24 persen), gagal hati (sembilan persen). (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya