Benarkah Aroma Daun Pandan Bisa Jadi Obat Penenang

Ilusrasi duan pandan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Baunya harum dan menggugah selera, daun pandan selalu digunakan sebagai bahan baku pembuat kue. Aromanya yang manis membuat daun pandan dijadikan andalan beberapa jens masakan, dan minuman.

9 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

Dilansir laman stylecraze, pandan wangi (Pandanus amatyllifolius Roxb.) dapat kita temui di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap tumbuh subur dan liar.

Jika daunnya diremas dan diiris-iris, akan tercium wangi yang harum, sehingga sering digunakan sebagai bahan rampai, penyedap, pewangi dan pemberi warna hijau pada makanan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Ilustrasi daun pandan

Daun pandan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Daun pandan berkhasiat sebagai tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang. Bagian yang digunakan dari tanaman ini adalah daunnya. Selain itu daun pandan diyakini  bermanfaat untuk mengatasi pegal linu dan rambut rontok, benarkah?

Pakar gizi klinis, Dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK akan menjelaskan lebih lanjut soal daun pandan dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne senin 16 April 2018.

Dipandu host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Sheila Salsabila BMedSc. AYO HIDUP SEHAT juga bisa disaksikan dari pukul 13.00-14.00 lewat online streaming di laman ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya