Jika Si Nenek Tak Doyan Makan Waspada Penyakit Ini Mengintai

Ilustrasi lansia makan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Sedih rasanya jika orang tua kita tercinta yang sudah lanjut usia tiba-tiba nafsu makannya menurun. Tak hanya itu, orang yang telah lanjut usia juga sering 'pilih-pilih' makanan tak ubahnya anak-anak.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Nafsu makan para lansia yang menurun tersebut ternyata tak datang begitu saja. penurunan itu ternyata akibat dari penurunan berbagai fungsi tubuhnya. Sayangnya mereka juga kerap sulit disuruh makan sehingga para lansia tersebut rawan kekurangan gizi.

Penyebab malnutrisi atau kurang gizi pada orang berusia lanjut bersifat multifaktor. Salah satu faktor pemicunya adalah psiko kognitif atau gangguan di otak, menurunnya saraf pengecap, turunnya produksi air liur, gigi tanggal, gusi menciut dan refleks peregangan dinding lambung berlebihan. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Lansia dan orang miskin diberi makan gratis tiga kali sehari

Faktor-faktor itu, akan menurunkan kemampuan membedakan bau dan rasa, menimbulkan masalah dalam mengunyah dan ada kecenderungan cepat merasa kenyang. Akibatnya, asupan makanan akan menurun. Jika hal ini terjadi terus menurus akan berdampak buruk bagi kesehatan orang tua, lalu bagaimana mengatasinya?

4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa

Spesialis penyakit dalam, endokrin, metabolik dan diabetes Dr. Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD akan mengupas tuntas soal kesehatan dan tips soal lansia dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne senin 16 April 2018.

Dipandu host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA
dan dr Sheila Salsabila BMedSc. AYO HIDUP SEHAT juga bisa disaksikan dari pukul 13.00-14.00 lewat online streaming di laman ini.

Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021