Cek Deteksi Dini Kanker Serviks pada Hari Kartini

Ilustrasi Pemeriksaan Kanker Serviks
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kanker serviks merupakan penyebab keempat beresiko alami kematian  pada wanita diseluruh dunia.
Cara terbaik dalam penanggulangan kanker serviks adalah melalui deteksi dini, yaitu test papanicolaou atau lebih dikenal sebagai papsmear.

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Deteksi dini penting karena umumnya kanker serviks tidak memiliki gejala khusus. Adapun papsmear digunakan dalam mendeteksi infeksi virus Human Papillomavirus (HPV).

Terdapat 12 tipe HPV beresiko tinggi. Sebagian besar infeksi akan ditekan pertumbuhannya oleh sistem imun dalam 1-2 tahun tanpa menyebabkan gejala kanker.

Perdarahan Usai Bercinta, Awas Gejala Kanker Mengintai

Sementara itu faktor resiko kanker serviks adalah kondisi yang meningkatkan kemungkinan terinfeksi HPV. Contohnya, pasangan seksual lebih dari satu, melakukan hubungan seks di usia muda, sistem imun tubuh yang lemah, merokok, mengkonsumsi obat-obatan diethylstilbestrol selama kehamilan dan riwayat kanker pada organ reproduksi bagian bawah. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setiap 3 tahun sekali sejak usia 21 tahun.

Dokter spesialis kandungan dari Siloam Jogjakarta, dr.danny wiguna SpOG., mengatakan bahwa tidak ada batasan usia untuk deteksi dini. Meskipun faktor resiko kanker dapat dimulai pada usia muda.

Rutin Berhubungan Seks, Pakar Sarankan Pap Smear

Ilustrasi kanker payudara.

“Tidak terdapat usia maksimal untuk melakukan skrinning karena insidensi terjadi kanker serviks meningkat sesuai dengan usianya. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pasa usia yang lebih muda," ungkap dr.danny wiguna SpOG.

"Bahkan setelah menopouse, seorang wanita perlu melakukan pemeriksaan pap smear secara regular," imbuh Danny Wiguna.

Mengingat pentingnya deteksi dini akan pencegahan kanker serviks dan perlunya semangat kebersamaan dalam mewujudkan kesehatan di hari Kartini pada 21 April 2018, Siloam Hospitals Group mempersembahkan papsmear package (papsmear+konsultasi dokter specialis kandungan) senilai Rp 288.000 yang meliputi keseluruhan proses deteksi dini kanker serviks.

Perlu diketahui akan  persiapan deteksi dini yaitu wanita yang tidak sedang menstruasi, dua hari sebelum pemeriksaan tidak melakukan hubungan seksual, penggunaan tampon, menggunakan obat-obatan pada vagina, kontrasepsi pada vagina (foam atau gel).

“Pemeriksaan ini tidak memilki komplikasi dan juga tidak nyeri. Banyak pasien yang menanyakan apakah pemeriksaan ini nyeri atau tidak, sakit atau tidak," pungkas Danny Wiguna. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya