Rusak Ginjal, Tak Ada Minuman Soda yang Aman

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Meneguk minuman bersoda saat cuaca terik memang sangat menyegarkan. Tapi, Anda juga perlu waspada kalau minuman yang mengandung gula ini berbahaya bagi ginjal Anda.

Minuman Soda Tanpa Kandungan Gula dan Kalori, Banyak Disuka Gen Z

Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Osaka, Jepang, meneliti sekitar 8.000 orang dengan fungsi ginjal yang normal. Selama riset, para partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama meminum satu minuman soda setiap hari, kelompok kedua menikmati dua kaleng soda setiap hari, sedangkan kelompok ketiga tidak meminum minuman bersoda sama sekali.

Awas, Sering Minum Soda Bisa Bikin Susah Punya Anak

Setelah tiga tahun, lebih dari 10 persen orang yang meminum dua soda setiap hari terkena proteinuria, kadar protein yang tinggi di dalam urine. Proteinuria merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit ginjal stadium lanjut.

Meski demikian, dilansir dari laman Times of India, hubungan pasti antara soda dan proteinuria masih belum ditemukan. Kemungkinan, studi tersebut mengatakan, stres oksidatif dan peradangan yang disebabkan oleh fruktosa adalah alasan di balik kerusakan ginjal.

Sendawa Usai Minum Soda, Tanda Angin dalam Tubuh Keluar?

Beberapa studi pada binatang juga menemukan bahwa fruktosa bisa memengaruhi ginjal dan membuatnya sensitif terhadap protein. Salah satu studi serupa yang dilakukan oleh Case Western Reserve University, di mana fruktosa, yang diberikan kepada tikus selama 13 hari setiap hari, membuat mereka sensitif terhadap protein.

Bagaimana dengan diet soda? Ternyata, label diet soda juga tidak aman untuk dikonsumsi. Para partisipan dalam studi Jepang meminum baik diet maupun soda reguler, masih tetap memicu proteinuria.

Soda jenis ini memang tidak akan membunuh Anda, tapi bisa memicu hipertensi dan masalah kardiovaskuler.

Jadi seberapa banyak jumlah aman dalam mengonsumsi minuman bersoda? Salah satu situs terkemuka mengatakan tidak ada jumlah aman yang dapat dikonsumsi untuk menghindari kerusakan ginjal. Hal ini karena hanya satu kaleng saja minuman bersoda sudah melebihi batas jumlah asupan gula yang direkomendasikan dalam sehari.

Di dalam 350 ml kaleng minuman soda, mengandung hampir tujuh sendok teh gula, sementara asupan yang direkomendasikan adalah antara 5-9 sendok teh, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya