Para Pria, Waspada Gejala Diabetes Berikut Ini

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Pada umumnya, gejala diabetes pada pria dan wanita itu mirip satu sama lain. Namun, ada beberapa gejala tertentu yang hanya terlihat dan dialami pada pria. Gejalanya pun sedikit berbeda antara diabetes tipe 1 dan tipe 2. Para pria harus waspada dan tidak mengabaikan setiap gejala karena semakin dini terdeteksi, semakin cepat diabetes diobati sehingga tidak menyebabkan komplikasi kelak.  

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Gejala diabetes tipe 1 pada pria 

Diabetes tipe 1 sebenarnya adalah penyakit autoimun. Penyakit ini terjadi saat pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Hal tersebut disebabkan karena sistem imun menyerang dan menyerang sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang meregulasi kadar gula darah dan membantu tubuh menyerap energi dari makanan yang dikonsumsi.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Menurut portal JDRF, diabetes tipe 1 sama sekali tidak berkaitan dengan gaya hidup. Oleh sebab itu, semua orang berisiko terkena penyakit ini. Penyakit ini tidak bisa dicegah dan obatnya juga belum ada. Pada umumnya, pertanda diabetes tipe 1 yang perlu diwaspadai cenderung muncul secara tiba-tiba, dan seringkali disalahartikan sebagai gejala penyakit lain. Berikut beberapa gejala awal dari penyakit ini:

BACA SELENGKAPNYA

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024