Konsumsi Vitamin Juga Bahaya, Ini Dampaknya Jika Overdosis

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Asupan multivitamin memang dibutuhkan oleh tubuh di samping makanan yang sehat untuk memenuhi beberapa kebutuhan yang tidak didapatkan dari makanan. Tubuh sendiri membutuhkan vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K hingga vitamin B kompleks.

Ngeri, Ini Tanda-tanda Anda Kelebihan Konsumsi Vitamin

Namun, bukan berarti Anda bisa dengan bebas untuk mengonsumsi vitamin. Sebab, tubuh hanya membutuhkan dalam jumlah yang cukup saja. Jika kelebihan kadar vitamin dalam tubuh akan menimbulkan efek toksik. Lalu, apa yang terjadi jika tubuh mengonsunsi vitamin secara berlebihan?

Ahli Nutrisi dari Youvit, Rachel Olsen kepada VIVA pun menjabarkannya. Misalnya vitamin C yang berfungsi untuk memproduksi collagen (membentu kulit, gigi dan tulang), membantu menyembuhkan luka, melawan infeksi dan penyerapan zat besi.

Mengejutkan, Konsumsi Vitamin Ternyata Tak Banyak Manfaat

Dia menyebut, jika seseorang yang mengonsumsi vitamin c berlebih bisa berdampak pada penyakit ginjal. Terlebih jika Anda tidak senang mengonsumsi air mineral.

"Kalau kita mengonsumsi lebih dari 2000mg bahaya juga kalau kita enggak suka mengonsumsi air mineral, tetapi malah banyak mengonsumsi vitamin C diurin kita bisa terjadi kristal dan berujung pada batu empedu," ungkap dia di Publik Market Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 30 April 2018. 

Bolehkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin saat Puasa?

Ilustrasi asupan vitamin

Tidak hanya itu, mengonsumsi vitamin A yang terlalu berlebihan juga bisa membuat kulit menjadi kering dan bahkan membuat rambut menjadi rontok.

"Vitamin A itu kan untuk kesehatan mata dan kulit juga tapi kalau kebanyakan, sistem pencernaan yang menghasilkan minyak kita bisa mengecil dan terjadi kulit kering, rambut jadi cepat rontok jadi harus seimbang. Untuk vitamin A batas maksimalnya adalah 2000 IU per hari," terang dia.

Sedangkan jika kelebihan vitamin D, bisa menyebabkan tulang bisa menjadi lemah.

"Ini tergantung tubuh karena beda-beda ini rata-rata saja. Ada rata-ratanya kebutuhan orang berbeda. Vitamin D menyerap kalsium tapi kalau kebanyakan juga enggak tau cara serap kalsium dampaknya kekurangan tulang lebih lemah dan sama juga," jelas dia.

Dia pun menyebut, beberapa ciri-ciri Anda mengalami overdosis vitamin antara lain kulit menjadi kering, rambut rontok berlebih hingga bola mata bagian putih menjadi kuning.

"Ada sesuatu yang berbeda sebelumnya kalau kulitnya baik baik aja tiba-tiba jadi kering kulit, rambut rontok rasanya capeknya. Matanya tiba-tiba berubah warna kekuningan, itu juga bisa jadi," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya