Hati-hati, Asam Jawa Bisa Sebabkan Gigi Keropos

ilustrasi asam jawa.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tamarind atau dikenal dengan asam jawa adalah salah satu rempah yang sering digunakan untuk komponen masak dan bahan baku minuman. 

Ternyata Asam Jawa Berkhasiat Atasi Sembelit Hingga Jerawat Bandel

Digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara, asam jawa juga dipercaya mampu menghasilkan efek fitotropika yang baik bagi kesehatan.

Meski banyak manfaat, namun asam jawa tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu sering dan berlebih, karena berdampak pada kondisi kesehatan, salah satunya dapat merusak gigi dan lambung. Benarkah?

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Menanggapi hal tersebut pakar gizi klinis dr Christoper Andrian, Mgizi, SpGK membenarkan hal tersebut. Menurutnya zat yang ada dalam asam jawa mampu mengikis email gigi hingga sebabkan keropos.

Asam Jawa.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

"Karena tinggi asam maka berdampak membuat gigi keropos. Biasanya asam jawa digunakan sebagai bahan baku masakan seperti empek-empek, sayur asam, dll," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Kamis 3 April 2018.

Lebih lanjut ia menyebut, selain sebabkan gigi berlubang, asam jawa juga berbahaya bagi penderita penyakit asam lambung.

"Sebetulnya penelitian menyebutkan kalau asam jawa punya efek protektif terhadap lambung. Namun karena tingkat asamnya tinggi, penderita mag harus menghindarinya."

Christoper menyebut, ada ambang batas aman konsumsi asam jawa. "Sebaiknya 20-30 gram saja dalam sehari. lalu konsumsi yang asam jawa segar, jangan yang sudah berupa produk."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya