Rahasia Panjang Umur Masyarakat Payakumbuh

Ilustrasi wanita lanjut usia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kota Payakumbuh berhasil mempertahankan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan selama lima tahun berturut-turut. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kota Payakumbuh untuk mendapatkan predikat tersebut adalah mengubah perilaku masyarakatnya menjadi lebih sehat.

Viral Wanita Umur Panjang Hingga 111 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

Sejumlah program diterapkan untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan layak, seperti melakukan bedah rumah, pembuatan toilet yang layak di rumah-rumah penduduk agar tidak lagi buang air sembarangan, serta pembangunan sarana berolahraga untuk masyarakat.

"Di Payakumbuh dibuat kawasan-kawasan olahraga yang sekarang sedikit diperbanyak seperti fitness outdoor, jogging track. Ini dibuat untuk menggalakkan olahraga agar masyarakat semakin sehat," ujar Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi ST.MT saat ditemui di Pendopo Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, Senin 7 Mei 2018.

3 Makanan Berkhasiat Bikin Umur Panjang Hingga 122 Tahun, Ada Cokelat

Orang Tua, Manula

Tak sia-sia, dampak positif kini dirasakan oleh masyarakat Payakumbuh. Berkat usaha keras dari pemerintah, saat ini penduduk Payakumbuh dinilai memiliki usia harapan hidup yang lebih tinggi.

4 Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II, Suka Tertawa?

"Rata-rata usia harapan hidup penduduk Payakumbuh di atas 70 tahun," terang Riza.

Selain itu, Walikota Payakumbuh juga secara ketat menerapkan Peraturan Daerah Antirokok. Masyarakat dilarang merokok di kawasan tertentu seperti perkantoran dan rumah sakit, serta pemerintah juga melarang adanya iklan rokok di wilayahnya.

Ilustrasi usia lebih dari 110 tahun

Rahasia Umur Panjang Hingga 100 Tahun Lebih, Kata Ahli Gizi: Kelola Stres dengan Baik

Michiko Tomioka adalah ahli gizi dan ahli umur panjang bersertifikat dari Jepang. Dia terkenal karena penelitiannya soal kebiasaan makan orang Jepang yang berusia panjang

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024