10 Gejala Lupus yang Wajib Diwaspadai

Hari Lupus Sedunia
Sumber :
  • Antara/Rosa Panggabean

VIVA – Lupus atau penyakit autoimun adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki kekebalan tubuh. Mungkin terdengar sederhana, namun hilangnya kekebalan tubuh akan berdampak besar pada kualitas kesehatan seseorang.

Hari Lupus Sedunia, Kenali 5 Cara Cegah Penyakit Autoimun Ini

Penderita lupus akan mudah terserang penyakit karena paparan polusi dan matahari. Tak hanya itu, penderita lupus juga tidak memiliki kemampuan untuk membedakan substansi asing (non self) dengan sel jaringan tubuh sendiri (self). 

Lupus sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, salah satu yang paling sering dirujuk oleh masyarakat umum adalah Lupus Eritematosus Sistemik (LES). LES ini sendiri dikenal sebagai penyakit 'seribu wajah' yang merupakan penyakit inflamasi autoimun kronis yang dapat menyerang jaringan serta organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala yang ringan hingga parah. 

Keguguran Berulang, Waspadai Gejala Penyakit Autoimun

"LES itu merupakan penyakit inflamasi sistemik autoimun yang dapat menyerang berbagai bagian tubuh (kulit, sendi, sistem syaraf, ginjal, jantung, paru, sel darah dan sebagainya)," ungkap Dr. Sumariyono, SpPD, KR, MPH dalam diskusi Program Deteksi Dini Penyakiy LES di Gedung P2TM Kemenkes Jakarta Pusat, Selasa 8 Mei 2018. 

Lebih lanjut dia menerangkan, pada kondisi awal, penyakit ini sering sekali sulit dikenali karena memiliki gejala yang mirip dengan penyakit lain, sehingga sulit untuk dideteksi. 

Ashanty Tiba-tiba Kena Penyakit Autoimun, Yuk Kenali Gejalanya

Gejala lupus.

Gejala LES dapat timbul secara tiba-tiba atau berkembang perlahan. Kesulitan mengenali gejala ini mengakibatkan diagnosis dan penanganan menjadi terlambat. 

Namun, dia menyebut bahwa masyarakat bisa melakukan deteksi dini LES yang disebut sebagai Periksa Lupus Sendiri (Saluri). Program ini pun tengah dicanangkan oleh Kemenkes guna menekan prevalansi LES. 

Dia pun memaparkan beberapa gejala yang dikenali antara lain

1. Demam lebih dari 38 derajat dengan sebab yang tidak jelas
2. Rasa lelah dan lemah berlebihan
3. Sensitif terhadap sinar matahari
4. Rambut rontok
5. Ruam kemerahan berbentuk kupu-kupu yang melintang dari hidung ke pipi
6. Ruam kemerahan di kulit
7. Sariawan yang tidak kunjung sembuh terutama di atap rongga mulut
8. Nyeri dan bengkak pada persendian terutama di lengan dan tungkai, menyerang lebih dari dua sendi dalam jangka waktu lama.
9. Ujung-ujung jari tengah dan kaki pucat hingga kebiruan saat udara dingin
10. Nyeri dada terutama saat berbaring dan menarik napas panjang

Dia menjabarkan jika pasien mengalami minimal empat gejala dari seluruh gejala tersebut, orang tersebut dianjurkan untuk melakukan konsutasi dengan dokter. 

"Bisa konsultasi ke dokter penyakit dalam atau dokter umum karena memang sampai saat ini belum ada dokter khusus untuk penyakit ini," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya