Bisakah Penyandang Lupus Hamil?

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA – Ada anggapan yang tersebar di masyarakat mengenai seorang wanita yang mengidap lupus tidak bisa hamil dan memiliki keturuan. Namun hal tersebut dibantah oleh spesialis penyakit dalam Dr. Sumariyono, SpPD, KR, MPH.

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Ditemui dalam acara deteksi dini penyakit lupus, ia menyebut bahwa wanita yang mengidap lupus tidak bermasalah dengan vertilitas. Meski demikian, wanita penyandang lupus lebih berisiko mengalami abortus (keguguran).

Ilustrasi kehamilan.

Kenali Sejak Dini Gejala Hamil yang Berisiko Tinggi

"Bisa hamil, namun perlu protokol yang dijalani selama kehamilan agar aman," kata dia kepada VIVA di di Dirjen P2PTM Kemenkes Jakarta Pusat.

Dia menambahkan, beberapa protokol yang harus diperhatikan adalah dengan mengendalikan penyakit lupus tersebut. Jika terhitung enam bulan, si penderita bisa  terkendali, maka kehamilan akan relatif aman bagi ibu dan janin.

Benarkah Konsumsi Kunyit saat Hamil Berbahaya?

"Mereka diobati dahulu baru diremisi selama enam bulan. Selama 2 hingga 3 tahun terakhir pasien saya yang mengidap lupus mereka bisa mengendalikan penyakitnya dan alhamdulillah bisa hamil anak dan ibunya sehat," kata dia.
 

Gejala lupus.

Hari Lupus Sedunia, Kenali 5 Cara Cegah Penyakit Autoimun Ini

Tema Hari Lupus Sedunia (hari ungu) kali ini yakni Make Lupus Visible yang bermaksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang diagnosis lupus dan dampak sosialnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2023