Hati-hati, Susah Kentut Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Dilarang kentut/Ilustrasi.
Sumber :
  • Honeylizious

VIVA – Kentut atau buang angin merupakan sesuatu yang normal dan menandakan bahwa kesehatan sedang dalam kondisi baik. Sebaliknya, jika seseorang tidak bisa buang gas atau kentut itu tandanya ada yang tidak beres dengan kesehatannya. Bahkan jika susah buang angin yang dialami secara terus menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa mengancam jiwa.

Kentut Anda Bau Busuk, Ternyata Ini Penyebabnya

Susah kentut merupakan salah satu gejala dari penyakit peritonitis yakni kondisi di mana terjadinya peradangan pada lapisan tipis dinding perut bagian dalam (peritoneum). Peritonitis yang dibiarkan bisa menyebabkan infeksi seluruh sistem tubuh yang membahayakan nyawa. Tidak hanya itu peritonitis juga bisa menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani dengan cepat dan serius.

Dengan begitu maka jelas susah buang gas atau kentut tidak bisa dianggap sebelah mata, diperlukan pengobatan yang segera jika Anda atau orang terdekat Anda mengalaminya.

Konsekuensi Bagi Anda yang Suka Menahan Kentut

Untuk lebih dalam membahas tentang penyakit yang ditandai susah kentut, DR. dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FAC akan memberikan penjelasannya di acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne hari ini, Rabu, 9 Mei 2018 pukul 13.00 WIB. 

Anda juga bisa menyaksikan secara live streaming di laman VIVA.co.id kanal VLIX. (ase)

Kentut Bisa Bakar Lemak, Hoax atau Fakta?
Colourbox

8 Fakta Unik Soal Kentut, Salah Satunya Bisa Sulut Api

Sering dianggap menjijikan, ternyata kentut punya sederet keunikan.

img_title
VIVA.co.id
15 Januari 2020