Mengupas Biji Jintan yang Kaya Gizi

Jintan hitam
Sumber :
  • http://lamalifherbal.com

VIVA – Jinten atau jintan adalah salah satu bumbu rempah yang terkenal di dunia karena bijinya yang wangi, rasanya yang pedas, dan sifatnya yang panas. Jintan bentuknya seperti bulir padi, berwarna kecokelatan sampai hitam. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Di pasaran, ada jinten putih dan jinten hitam. Keduanya sama-sama rempah, namun bedanya, jinten hitam paling sering digunakan khusus untuk pengobatan. Sedangkan jinten putih digunakan dalam masakan dan juga pengobatan. 

Aroma khas berasal dari zat bernama Cuminaldehyde, selain aroma untuk masakan, kandungan nutrisi dalam jintan juga cukup beragam, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan sejumlah mineral. Selain itu dalam jinten juga ditemukan kandungan polifenol dan thymol yang cukup tinggi. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Dengan tingginya sejumlah kadar nutrisi dalam bij jintan, tak heran jika jintan dipercaya untuk menjaga kesehatan dan juga membantu mengobati berbagai penyakit, karena jintan memiliki antioksidan dan antitoksin yang kuat.  

Sejak dahulu jinten juga dipercaya dalam menjaga vitalitas pria. Benarkah demikian?

4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa

Saksikan Ayo Hidup Sehat bersama narasumber dr. Verawati Sudarma, MGizi, SpGK, Kamis, 10 Mei 2018 siang ini pukul 13.00 WIB.

Anda juga bisa menyaksikan secara live streaming di laman VIVA.co.id kanal VLIX.

Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021