6 Titik Pijat Akupresur untuk Redakan Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • Viva.co.id/Beno Junianto

VIVA – Jika Anda sering mengalami sakit kepala, ada cara yang lebih mudah meredakannya dibanding terus bergantung pada obat, yaitu dengan melakukan pijat akupresur.

5 Cara Ampuh Atasi Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Untuk melakukan pijatan ini memang tidak boleh sembarangan dan harus tepat titik-titik akupresur yang dituju. Karena itu, Anda perlu mengetahui titik mana yang saja perlu dipijat.

Meski agak sulit, tapi sekali Anda menguasainya, Anda tak perlu lagi khawatir kehabisan obat ketika sakit kepala menyerang. Bahkan, pijat akupresur ini bisa Anda aplikasikan pada diri sendiri.

Tekan 3 Titik di Tubuh, Sehatkan Paru-paru dan Tingkatkan Imunitas

Petugas kesehatan dari Puskesmas Arik Lantang, Payakumbuh, Sumatera Barat, Roza Selfia mengatakan, sebelum melakukan pijat akupresur, Anda harus membuat tubuh relaks terlebih dulu.

Teknik akupresur

Tekan Titik Akupresur di Dekat Telinga, Bantu Turunkan Berat Badan

"Ada enam titik yang perlu ditekan. Agar lebih mudah menghapalnya, mulailah dari puncak kepala," jelas Roza kepada VIVA di Payakumbuh, beberapa waktu lalu.

Dari puncak kepala tarik garis ke cekungan samping kepala atau pelipis, lalu menggunakan ujung jari, tekan dan putar titik tersebut searah jarum jam, sebanyak 30 kali. Lakukan hal sama di pelipis lainnya. Dan ingat, Anda harus melakukannya satu-satu secara bergantian, bukan bersamaan.

Titik selanjutnya adalah di bagian belakang telinga, di dekat batas rambut. Beri jarak satu jari, lalu tekan dan putar titik tersebut dengan cara yang sama seperti di atas. Setelah itu, dari bahu, ambil bagian tengahnya dan beri pijatan di titik tersebut.

Ilustrasi sakit kepala.

"Kemudian, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pijat bagian menonjol di antara jempol dan telunjuk," imbuh Roza.

Setelah itu, di bagian kaki, tepatnya empat jari dari tempurung lutut, berikan juga pijatan memutar searah jarum jam sebanyak 30 kali. Pijatan ini dilakukan di bagian kaki yang menghadap keluar.

Untuk Anda yang menderita migrain, bisa juga memberikan pijatan pada cekungan kaki di antara jari telunjuk dan jempol.
    
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya