Sering Sakit Kepala, Ini Cara Bedakan Gejala Migrain

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang jumlah penderitanya sangat tinggi, menyerang jutaan orang di dunia. Tetapi tidak semua penderita migrain datang ke dokter, karena masih dapat mengatasinya. Penyakit dengan gejala "sakit kepala sebelah" ini hanya diobati dengan pain killer yang dibeli secara bebas. Hanya pada kasus-kasus migrain yang sangat berat,  penderitanya terpaksa mencari pengobatan ke dokter karena gejalanya sudah menganggu aktivitas sehari-hari.

Wanita Sering Alami Migrain, Hati-Hati Berisiko Kena Penyakit Mematikan Ini

Apa itu migrain?

Migrain adalah gangguan di area otak yang menyebabkan munculnya gejala sakit kepala, disertai gajala di organ lain misalnya sakit perut, muntah, bahkan hingga menyebabkan gangguan pendengaran serta penglihatan. Umumnya, nyeri yang dirasakan hanya terjadi pada salah satu sisi kepala, dan bisa memburuk jika dibawa bergerak. Nyeri bisa menetap dalam waktu yang cukup lama.

Stres Berat Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Begini Ciri-cirinya

Rasa sakit ini bisa berlangsung antara beberapa jam saja, atau bisa berhari-hari bahkan dalam hitungan minggu. Penderita migrain kadang sangat sensitif dengan cahaya dengan sedikit gangguan penglihatan. Migrain dapat dimulai sejak usia remaja sekitar usia 20-an dan lebih sering diderita wanita. Saat memasuki periode menopause, kasus migrain lebih sering dialami seorang wanita.

BACA SELENGKAPNYA

Migrain Lebih Banyak Dialami Wanita
Ilustrasi cuaca panas

Kenapa Suhu Panas Sebabkan Sakit Kepala Hebat?

Ada berbagai dampak yang ditimbulkan seiring dengan meningkatnya suhu panas di Indonesia. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah sakit kepala.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023