Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Ilustrasi tak tepat mengobati luka.
Sumber :
  • Pixabay/ Meditations

VIVA – Luka bakar bisa terjadi di mana saja, saat melakukan kegiatan sehari-hari, bahkan bisa saja terjadi di tempat-tempat yang tidak terduga seperti di kamar tidur, saat mengecas hp, di dapur saat memasak, berkendara, atau saat melakukan aktivitas outdoor.

4 ABG di Wonogiri Terluka Parah Akibat Racik Mercon, Kuku hilang hingga Kaki Terbakar 80%

Cedera luka bakar ternyata memiliki angka kejadian yang cukup tinggi. Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan (Riskesdas 2013) mencatat bahwa luka bakar menempati urutan keenam penyebab cedera tidak disengaja (unintentional injury) setelah jatuh, sepeda motor, benda tajam/tumpul, hingga cidera akibat jatuh. Angkanya ada di prevalensi 0,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia. 

Riset Kementerian Kesehatan tersebut juga menekankan kasus luka bakar banyak terjadi di rumah tangga. Selain itu anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur yang paling rentan terkena luka bakar dengan tingkat prevalensi sampai 1,5 persen. 

Top Trending: Tersebar Percakapan Habib Bahar dan Hercules hingga Santri Tewas Diduga Dianiaya

Fakta ini diperkuat dari data riset epidemiologi sejumlah dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada tahun 2013-2015 di mana sebanyak 108 pasien (82,3 persen) luka bakar adalah kelompok anak-anak (pediatric group) yang berusia 1-4 tahun.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, luka bakar juga menyebabkan sekitar 195.000 jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun. 

Kartika Putri Ungkap Kronologi Penyakit Kulit yang Diidap, Awalnya Benjolan Air di Dahi dan Bibir

Luka bakar.

Meski angka kejadiannya tinggi, sayangnya tidak diikuti dengan pemahaman masyarakat, dan tenaga medis secara lebih mendalam terhadap penanganan luka bakar tersebut. Selain itu, belum banyak masyarakat yang tahu jenis produk farmasi yang dijual khusus untuk mengatasi luka bakar.

Weitarsa Hendarto, VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar menyebut bahwa kebutuhan dokter yang memiliki keahlian dalam penanganan luka bakar sangat diperlukan.

"Pengetahuan mengenai cara perawatan luka bakar yang tepat dan benar pun menjadi sangat penting dalam membantu penyembuhan luka yang optimal. Oleh karena itu, tidak hanya tenaga medis profesional yang diperlukan, namun keberadaan produk farmasi yang handal juga memainkan peranan penting," ujarnya lewat rilis yang diterima VIVA Selasa 15 Mei 2018.

Pada kesempatan yang sama, Senior GM Marketing Women’s Health and Active Day Care Combiphar Ni Ketut Sukartiwi mengatakan bahwa edukasi masyarakat edukasi khususnya para ibu, guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka mengenai pertolongan pertama luka bakar di rumah sangatlah penting.

“Lebih dari itu, kami ingin mendorong keluarga Indonesia untuk selalu sedia produk obat luka bakar satu diantaranya adalah Mebo (produk untuk menangani luka bakar) sebagai P3K di rumah. Luka bakar dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Bukan hanya akibat api, luka bakar juga sering ditimbulkan dari minyak panas, air panas, maupun benda panas lain yang berbahaya,” kata Sukartiwi dalam workshop penanganan luka bakar yang diikuti lebih dari 200 orang dokter dan perawat di wilayah Manado, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya