Intip Kepribadian dari 5 Posisi Tidur, Kamu yang Mana?

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sudah tahukah bahwa posisi tidur mencerminkan karakter Anda? Praktisi tidur Dr. Samuel Dunkell, menganalisis beragam posisi tidur, kemudian menuliskannya dalam sebuah buku Sleep Positions:  The Night Language of the Body. Anda mungkin akan sangat tertarik mengetahuinya.

Ketahui Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Berikut ini gaya tidur dan apa yang ia jelaskan tentang diri Anda, seperti dilansir laman Runtastic dan Reader’s Digest.

1. Tidur miring mirip posisi janin
Pada posisi ini, Anda tidur dengan badan menghadap ke samping dan agak melengkung ke depan. Lutut ditarik ke arah dada, kepala ditekuk ke depan dan lengan sering melilit bantal, menyerupai embrio dalam rahim. Gaya tidur ini sering direkomendasikan untuk wanita hamil dan orang yang sering mendengkur. Bisa juga bagi mereka yang mengalami masalah nyeri punggung dan leher.

Posisi Tidur Terbaik Adalah Menghadap ke Kiri, Ini 4 Alasannya

Ilustrasi pria tidur

"Posisi tidur mirip janin ini menandakan orang yang cenderung sensitif dan ramah, tetapi penampilannya justru terlihat keras," kata Chris Idzikowski, PhD, dikutip laman RD. "Kadang-kadang mereka juga pemalu," tambahnya.

Mau Hilangkan Kebiasaan Mendengkur? Coba 7 Cara Ini

2. Gaya tidur seperti kayu gelondongan
Posisi ini berbaring miring dengan tangan lurus di sisi, mirip kayu gelondongan. Jika ini gaya tidur favorit Anda, menurut Dr. Idzikowski, menggambarkan Anda seseorang yang santai, sosial, dan relatif percaya pada orang asing. Anda juga mungkin saja sedikit mudah tertipu.

3. Gaya tidur kayu gelondongan tapi kedua tangan diarahkan ke muka
Badan lurus miring ke samping, tapi tangan ke arah depan, seolah-olah akan menangkap sesuatu. Ini menandakan sifat terbuka, cenderung lambat memutuskan sesuatu. Tapi sekali Anda menjatuhkan pilihan, akan sulit untuk mengubahnya.

4. Tidur tengkurap
Posisi ini kurang populer di antara lainnya. Para ahli menyarankan sebaiknya menghindari posisi tidur ini, terutama bagi wanita hamil dan wanita yang memiliki payudara besar. Begitu juga orang yang memiliki cedera leher, masalah punggung, dan jika tidur di kasur yang sangat empuk. Menurut penelitian, tidur tengkurap cenderung dilakukan mereka yang sering mabuk alkohol setiap hari.

Tidur Tengkurap

5. Tidur telentang
Berdasarkan riset, posisi tidur ini biasanya dilakukan oleh mereka yang bekerja di bidang transportasi dan logistik. Seringkali tidur telentang juga diasosiasikan dengan mendengkur. "Ketika Anda berbaring telentang, tenggorokan Anda lebih sempit, membuat mendengkur lebih keras dan lebih sering," kata praktisi tidur Dr. Breus. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya