Awas, Makin Tua Bahaya Hipertensi Kian Mengintai

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi dialami oleh sekitar 1 miliar orang di dunia. Di Indonesia, kasus hipertensi mengalami kenaikan dengan jumlah biaya kesehatan mencapai Rp 12 triliun.

Kesalahpahaman Tentang Tekanan Darah Tinggi

Banyak penyebab yang bisa membuat hipertensi timbul. Salah satu faktor yang memicu hipertensi terjadi yaitu usia. Di mana, semakin tinggi usia seseorang, semakin besar pula potensi tekanan darah tinggi yang dialaminya.

"Hubungan antara umur dan tekanan darah tinggi ini berkaitan erat. Memang semakin tinggi umur seseorang, 60 tahun ke atas, makin banyak yang alami hipertensi," ujar dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Suhadjono, Sp.PD, K-GH, K-Ger, FINASIM (PABDI), dalam temu media Hari Hipertensi Sedunia, di Gedung P2PTM, di kawasan Percetakan Negara, Jakarta, Rabu 16 Mei 2018.

Sepelekan Hipertensi Bisa Picu Komplikasi

Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pada dewasa muda, lanjutnya, hipertensi cenderung jarang terjadi. Meski begitu, saat terdapat faktor lainnya yang bisa memicu hipertensi, tidak tertutup kemungkinan mereka yang berusia muda bisa diintai penyakit ini.

Sering Barberque Picu Tekanan Darah Tinggi

"Jika sebelum usia 30 tahun ternyata ada faktor kegemukan, coba cek sejak dini. Ada juga karena kelainan bawaan organ seperti kelainan ginjal, atau penyempitan pembuluh darah," kata dia.

Tak hanya itu, faktor keturunan dari keluarga juga berperan besar terhadap tekanan darah seseorang. Mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat stroke atau serangan jantung, berpotensi besar idap tekanan darah tinggi.

"Hipertensi dipengaruhi genetik, termasuk juga saat usianya makin bertambah. Tapi itu bisa dicegah dengan mengendalikan tekanan darah sejak muda dan dikontrol dengan baik, seperti dengan mengecek tekanan darah secara rutin di rumah saat pagi hari," ujar dokter spesialis penyakit dalam, dr. Tunggul Situmorang, SpPD., ditemui di kesempatan yang sama.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya