Manfaat Sholat Tarawih bagi Manula Sama dengan Olah Raga

Ilustrasi Sholat Idul Fitri
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Bulan Ramadan adalah sarana untuk meningkatkan amal ibadah, salah satunya dengan menjalankan shalat tarawih. Ibadah ini membutuhkan energi yang cukup karena rakaatnya lebih panjang dibanding sholat lainnya.

Gairah Seks Kendor Saat Usia Lanjut, Mitos atau Fakta?

Bagi mereka kelompok lanjut usia, ibadah tarawih ternyata bisa berdampak baik pada kesehatan tubuh, khususnya area lutut. Sebab, gerakan shalat yang menyerupai olahraga ini membuat tubuh menjadi aktif bergerak.

"Pada orang lanjut usia, shalat tarawih ini bisa jadi ajang untuk berolah raga, khususnya area sendi lutut. Dengan banyak gerakan, sendi lutut bisa lebih aktif dan berdampak baik pada pelumas di area lutut tersebut," ujar Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi, RS Siloam Kebon Jeruk, dr. Siti Anissa Nuhonni, Sp.KFR(K)., dalam temu media di Kebon Jeruk, Jakarta, belum lama ini.

Geriatri, Ilmu Kedokteran yang Akan Marak di Masa Depan

Dokter Siti menerangkan bahwa ibadah shalat tarawih juga tetap membutuhkan pakem-pakem yang harus dilaksanakan para lanjut usia. Salah satunya, menghindari ibadah shalat yang gerakannya terlalu cepat.

sholat idul adha 1436 H di masjid istiqlal

Tega Tak Kasih Duduk Lansia Dianggap Tindakan Tepat

"Kalau gerakannya terlalu cepat juga tidak bagus untuk lutut. Sebaiknya tidak menjalankan ibadah ini secara tergesa-gesa karena dikhawatirkan malah membuat lutut cedera," lanjutnya.

Selain itu, diharapkan agar para kelompok lanjut usia bisa memonitor dirinya sendiri. Jika merasa sulit untuk ikut shalat tarawih berjamaah di masjid, bisa dilakukan di rumah semampunya.

"Kalau bisa menyesuaikan diri, jika tidak bisa mengikuti berjamaah, jangan dipaksakan. Kalau memang tetap ingin berjamaah di masjid, bisa juga pakai kursi untuk membuat ibadah lebih nyaman," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya