Puasa Ngantuk Terus? Itu Karena Pola Makan dan Tidur Salah

Ilustrasi kurang tidur.
Sumber :
  • REUTERS/Wolfgang Rattay

VIVA – Saat puasa, umumnya orang merasa lebih mudah mengantuk dibanding biasanya. Banyak yang lantas menyalahkan puasa yang membuat tubuh lemas. Padahal mudah mengantuk saat puasa sebenarnya dipengaruhi oleh pola makan dan tidur yang salah.

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Spesialis gizi klinik, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK pun menyebut memang selama puasa waktu tidur berkurang karena sahur. Meski begitu, dia menyarankan agar masyarakat bisa menyiasatinya dengan tidur lebih cepat.

"Memang jam tidur menjadi berkurang, tapi bisa disiasati dengan tidur malam lebih cepat agar porsi tidur enam hingga tujuh jam terpenuhi," ucapnya saat ditemui baru-baru ini.

Kecelakaan PO Rosalia Indah Karena Diduga Sopir Mengantuk, Ketahui Tips Aman Hindari Rasa Kantuk

Dia melanjutkan, selama sahur Anda bisa menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan.

"Makan sahur secukupnya, jangan berlebihan terutama karbohidrat karena membuat kita menjadi lebih ngantuk," kata dia.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Ilustrasi pria tidur

Dia pun menjelaskan bahwa karbohidrat sangat cepat mengolah glukosa. Saat glukosa diolah, darah lebih banyak mengalir ke sistem pencernaan dibandingkan ke otak. Hal inilah yang menyebabkan seseorang yang mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak menjadi lebih cepat mengantuk.

Dia menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, hingga oatmeal saat sahur. Tidak lupa juga untuk tetap melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, hingga aerobik ringan.

Dalam kesempatan yang sama pula dia pun menepis adanya anggapan di masyarakat yang mana jika mengonsumsi sayur kangkung saat sahur bisa menyebabkan mengantuk.

"Hingga kini belum ada penelitiannya soal itu," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya