Penting, Lakukan Hal Ini Saat Terkena Serangan Jantung

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • heartattacktreatmenttips.com

VIVA – Serangan jantung tak lagi identik dengan usia lanjut. Seiring gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, serangan jantung juga dialami oleh mereka yang masih dalam usia produktif. Tak pandang bulu, wanita dan pria sama-sama berpotensi terkena serangan jantung.

Jangan Abai Tanda Serangan Jantung, Muncul Rasa Ini di Rahang

Serangan jantung, atau dalam istilah medis disebut infark miokardial (MI) atau infark jantung sebenarnya adalah kerusakan permanen pada otot jantung. Untuk "myo" berarti otot, "kardial" mengacu pada jantung, dan "infark" berarti kematian jaringan karena kurangnya suplai darah. Sementara otot jantung perlu menerima suplai darah setiap saat agar berfungsi dengan baik.

Di awal, mungkin gejala serangan datang saat tengah beraktivitas fisik, misalnya naik tangga atau berolahraga. Jika dibawa istirahat, nyeri dada akan hilang sendiri. Hal inilah yang menjadikan penderita penyakit jantung koroner seringkali mengabaikan hingga tiba serangan jantung yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, hal yang dilakukan segera setelah serangan terjadi, bisa membantu menyelamatkan nyawa.

Serangan Jantung Akibat Olahraga, Ini Faktanya

Ini yang Harus Dilakukan Saat Serangan Jantung!

Ilustrasi ibadah haji.

Waspada Jemaah Haji Rentan Diintai Serangan Jantung, Kenali Gejalanya Sejak Dini

deteksi dini kejadian gangguan jantung akut atau serangan jantung sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi dari serangan jantung.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2023