Cara Terbaik Konsumsi Rumput Laut dan Manfaatnya

Urap dari rumput laut.
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Bagi Anda penyuka sushi pasti tidak asing dengan rumput laut. Makanan dari tumbuhan liar di dalam laut ini sering dijadikan bungkus onigiri.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Selain itu, masyarakat sering memanfaatkan rumput laut sebagai campuran es buah, sup, dan dijadikan camilan. Jika Anda termasuk penggemar rumput laut, sudah tahukah apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

DR.dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 30 Mei 2018 memaparkan seputar rumput laut dan manfaatnya untuk kesehatan.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

1. Rumput laut mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Rumput laut menyehatkan tulang dan gigi. Di dalamnya tinggi magnesium dan kalsium, keduanya merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Meski demikian, rumput laut tidak dapat menggantikan susu dalam pemenuhan kebutuhan magnesium dan kalsium bagi tubuh. Menurut Dr. Samuel, ada kandungan dalam susu yang tidak dimiliki rumput laut.

4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa

3. Tips konsumsi rumput laut untuk menunjang puasa, makanlah rumput laut saat sahur. Tapi bentuknya yang masih murni rumput laut. Bukan yang sudah diolah menjadi keping camilan atau olahan lainnya, karena jika sudah diolah biasanya mengandung zat tambahan, seperti natrium, gula. Waktu terbaik mengonsumsi rumput laut adalah sebelum makan, karena tinggi serat dan membantu lebih cepat kenyang.

Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021