Cara Menikmati Hidup di Usia 40 Tahun dan Tetap Muda

Ilustrasi usia 40 tahun
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memasuki kepala empat, biasanya membuat seorang wanita mulai memiliki ketakutan akan perubahan yang dialami. Padahal, usia 40 tahun ini bisa dinikmati selayaknya menjalani kesenangan di usia muda.

Lima Tips Memilih Sepatu Bot Keren dan Nyaman

Dikatakan penulis buku 40 Is The New 20, Rosdiana Setyaningrum, usia 40 tahun cenderung lebih mampu menikmati hidup. Sebab, sisi keuangan biasanya sudah lebih mapan.

"Penghasilan biasanya sudah mencukupi jadi lebih bisa menikmati hidup, perawatan apa aja buat menyenangkan diri. Anak-anak juga sudah pada besar, jadi kita bisa traveling ke mana aja," ujar Diana, yang juga seorang psikolog, di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 30 Mei 2018.

Kenali Tanda Ritsleting Pakaian Tidak Berfungsi

Namun, Diana menegaskan perlunya menjaga kesehatan sejak dini agar membuat badan bisa menjalani nikmatnya hidup di momen kepala empat tersebut. Selain itu, ia mengatakan bahwa pentingnya mengenal diri sendiri di usia 40 tahun.

Sorot Sedentary - Makanan sehat - gaya hidup sehat

Lima Hal Istimewa yang Didapat Jika Tinggalkan Zona Nyaman

"Usia 40 tahun itu sudah harus paham kekurangan dan kesukaannya apa. Kalau tahu itu kekurangan kita, jangan dipaksa jalani sendiri. Kalau memang butuh tangan lain untuk membantu, terima hal itu," terangnya.

Dilanjutkannya, mengobservasi diri sendiri juga didasari untuk membuat hidup di usia 40 tahun lebih minim stres. Dengan begitu, masalah hidup akan lebih mudah diatasi.

"Harus paham juga pereda stresnya apa. Usia 40 sudah bukan waktunya mengikuti tren di instagram. Kalau memang pereda stresnya itu masak di rumah, ya gak usah ikutan orang lain nongkrong atau tempat traveling-nya berbeda dengan orang kebanyakan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya