Buka Puasa Langsung Minum Susu, Apa Efeknya

Ilustrasi susu
Sumber :
  • Pixabay/falovelykids

VIVA – Puasa sudah masuk pertengahan bulan. Meski sebenarnya puasa menyehatkan, tak dipungkiri ada saja orang yang kesehatannya menurun. Untuk menyiasati hal ini sekaligus menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka harus diterapkan.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Salah satunya adalah dengan minum susu, mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh. Sehingga susu dikenal ampuh membantu memperkuat daya tahan tubuh selama puasa. Namun, amankah langsung mengonsumsi susu saat perut kosong? Kapankah waktu tepat dan aman minum susu di bulan puasa ini? 

Nantikan penjelasan dr. Dian Permatasari, M.Gizi, Sp.GK di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne pukul 13.00 WIB. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Selain itu, ada topik lain yang tak kalah menarik, yaitu seputar anemia. Salah satu kondisi medis yang membutuhkan perhatian lebih saat bulan puasa adalah anemia. Anemia atau yang dikenal masyarakat awam sebagai kurang darah merupakan suatu kondisi ketika jumlah sel darah merah sehat di dalam tubuh tidak mencukupi, sehingga hantaran oksigen dan nutrisi ke jaringan pun menjadi terhambat. 

Ilustrasi Anemia

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Minggu 7 April 2024

Gejala yang dapat ditimbulkan anemia antara lain seperti lemah, lesu, pucat, pusing, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, jantung berdebar, dan sesak napas. Lalu bagaimana solusinya agar penderita anemia dapat beribadah puasa?

Saksikan selengkapnya di tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 31 Mei 2018 pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa mengikuti live streaming melalui link ini

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya