Trik Atasi Lensa Kontak Menyangkut di Mata

Wanita dengan lensa kontak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lensa kontak seharusnya mengapung di atas bola mata Anda dan bergeser sedikit setiap mata berkedip. Lensa kontak juga idealnya harus terus sinkron dengan bola mata dan Anda harus bisa mengambilnya kembali dengan mudah.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Tapi, seringkali hal yang terjadi tidaklah ideal. Lensa kontak bisa menempel, tersangkut, dan tergulung ke mata Anda. Lensa ini kemudian bisa hilang di bawah kelopak mata, tergeser, dan menyelip.

Jika Anda sering mengalami ketidaknyamanan ini, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah saat memasang dan melepas lensa kontak. Kalau Anda sering merasa kesulitan, lebih baik jangan menggunakannya sama sekali. Meskipun hanya bagian kecil saja dari lensa kontak tersangkut di mata dan Anda tidak menyadarinya, bisa menyebabkan infeksi bakteri.

Infeksi hingga Kebutaan, Ini 8 Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Lantas, apa yang idealnya Anda lakukan jika lensa kontak robek atau terselip dan menyangkut di mata?

Jika Anda tertidur dengan lensa kontak terpasang, dilansir dari laman Times of India, Minggu, 3 Juni 2018, lalu lensa Anda tidak bergerak tapi Anda bisa melihatnya, ini artinya lensa kontak Anda sudah mengering. Ketika Anda tidur dengan menggunakan lensa kontak, lensa akan mengering.

Tidur Pakai Lensa Kontak, Mata Pria Ini Rusak Dirobek Bakteri Pemakan Daging

Hal ini terjadi karena ketika Anda memejamkan mata masih ada sedikit celah di mana udara bisa masuk. Udara ini menyerap elastisitas lensa yang membuat lensa menempel ke mata.

Apa yang harus dilakukan? Jangan mencungkil lensa dari mata karena ini bisa menggores kornea Anda. Sebaiknya, basahilah mata Anda sampai lensa kontak menjadi lembut. Ahli opthalmologi dari American Academy of Opthalmology mengatakan, Anda bisa menggunakan tetes mata yang akan melubrikasi mata dan membuat lensa mengambang, sehingga Anda bisa mengambilnya.

Jika cara ini tidak berhasil, maka Anda harus segera menemui dokter.

Apa yang harus dilakukan saat lensa kontak menghilang?

Jika lensa kontak menghilang, jangan panik dan jangan mengucek mata. Terkadang, lensa tergulung dan tersembunyi di balik kelopak mata atas. Angkat kelopak mata Anda dan periksalah. Gunakan beberapa tetes saline yang akan membantu Anda mengeluarkan lensa kontak.

Lensa kontak ini menghilang karena struktur dari mata kita. Bilas mata, berikan tetes mata dan jika ini tidak berhasil, pilihan terakhir adalah pergi ke dokter.

Masalah yang berkaitan dengan lensa kontak memang jarang tapi sangat menyulitkan. Satu dari 500 orang yang menggunakan lensa kontak terkena infeksi bakteri setiap tahun. Sering tidur tanpa melepas lensa kontak bisa menyebabkan luka kornea.

Menurut Centre fo Disease Control and Prevention, infeksi bakteri yang disebabkan oleh lensa bisa membuat seseorang berisiko mengalami kebutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya