Siasat Jitu Jaga Berat Badan Saat Lebaran

Ilustrasi makanan lebaran
Sumber :
  • REUTERS/Stefanie Loos

VIVA – Puasa bagi yang menjalankan dengan cara yang benar, seperti tidak langsung tidur usai makan sahur, bisa membantu mengurangi beberapa kilogram berat badan, apalagi yang diimbangi dengan olahraga ringan sebelum berbuka. 

Menteri Agama Ingatkan Ormas Razia saat Ramadan Berpotensi Kerawanan

Yang jadi masalah, biasanya berat badan yang sudah turun akan kembali naik usai Lebaran. Semua makanan yang tersaji seakan menjadi godaan berat, terlebih setelah selama sebulan harus menahan untuk tidak makan seharian. Alhasil, berat badan naik tak terkendali. 

Oleh karena itu, di saat Lebaran hendaknya direncanakan untuk tidak makan secara berlebihan. Banyak hal yang bisa Anda siasati untuk dapat menjaga berat badan, namun tetap dapat  menikmati hidangan-hidangan Lebaran.

VIDEO: 6 Iklan Inspiratif yang Bikin Hati 'Luluh Lantak'

Untuk mengatasi fenomena kegemukan paska Lebaran, Chef Gungun Chandra punya tips yang bakal membantu Anda. Berikut ini di antaranya.

-Batasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar menjaga tingkat asupan kalori tetap normal. Kalori diperoleh dari karbohidrat, protein dan lemak. Asupan kalori yang berlebih dapat menyebabkan  kegemukan. Contohnya, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

-Makanlah dengan piring kecil. Ini untuk menghindari makan berlebihan. 

-Makanlah sayuran dan buah-buahan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan saat  Lebaran. Hal ini juga untuk mengimbangi makanan berlemak yang dikonsumsi. 

-Makanlah secara perlahan.

-Hindari ke meja makan dua kali.  Tunggu beberapa saat untuk mengira apakah Anda memang cukup lapar untuk porsi berikutnya. 

-Makanlah buah sebelum makan berat, sehingga perut sudah terasa kenyang sebelum makan berat  lainnya. 

-Imbangi masuknya kalori dengan membakar kalori, yakni dengan olahraga yang rutin saat libur Lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya