Manfaat Permintaan Maaf yang Tulus Bagi Kesehatan

Silaturahmi dengan kerabat sudah jadi tradisi setiap Lebaran.
Sumber :

VIVA – “Selamat hari Lebaran, Minal 'Aidin wal Faizin. Mari bersalam-salaman, saling bermaaf-maafan.” Sepenggal lirik lagu khas hari raya Idul Fitri ini memang mengajak kita untuk saling memaafkan. Lagu ini sebenarnya menggambarkan makna dari kegiatan rohani yang dilakukan oleh seluruh umat Muslim di penjuru dunia. Setelah satu bulan penuh berpuasa untuk menahan nafsu dan lapar, Idul Fitri merupakan momen yang paling tepat untuk kembali fitri dengan cara saling memaafkan.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Tahukah Kamu, memaafkan kesalahan orang lain secara tulus memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatanmu. Baik dari sisi peminta maaf maupun pihak yang memaafkan akan menerima dampak kesehatan yang sama. Jadi, manfaatkanlah momen Idul Fitri ini untuk meminta maaf dan memaafkan dengan tulus ya!

Carol Orsborn, PhD, seorang peneliti UCLA dan penulis 15 buku pernah melakukan penelitian tentang dampak meminta maaf secara tulus. Dua buku di antaranya yang berjudul “Nothing Left Unsaid: Words to Help You and Your Loved Ones Through the Hardest Times” dan “The Silver Pearl: Our Generation's Journey to Wisdom” sempat terkenal di pasaran. Bahkan, buku The Silver Pearl merupakan salah satu yang membahas mengenai dampak permintaan maaf ini. 

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Dalam penelitiannya, Orsborn meneliti 100 orang wanita yang memiliki panutan dalam sikap positif tanpa melihat apakah mereka memiliki uang yang banyak atau tidak. Pasalnya, uang kerap menjadi faktor seseorang sulit memaafkan dan meminta maaf dengan tulus.

Berdasarkan penelitian tersebut, Orsborn menemukan beberapa poin tentang tiga tipe orang saat meminta maaf. Tidak semuanya berdampak baik bagi kesehatan.

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Baca Selengkapnya ...

Para narapidana mendengarkan khotbah salat Idul Fitri di Lapas Kelas III Gunung Sidur, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 5 Juni 2019.

Abu Bakar Baasyir dan Gayus Dapat Remisi, Buni Yani Tidak

Abu Bakar Baasyir mendapatkan remisi satu bulan 15 hari.

img_title
VIVA.co.id
5 Juni 2019