6 Teknik Pijat Sendiri yang Ampuh Usir Lelah Pasca Mudik

Ilustrasi pijat kaki.
Sumber :
  • Pixabay/ Andreas

VIVA – Pada momentum Hari Raya Idul Fitri beragam kegiatan dilakukan oleh umat muslim mulai dari silaturahmi hingga menggelar acara open house, hingga tradisi berlibur ke beberapa destinasi wisata.

6 Fakta Pijat Refleksi Sawangan Depok Digerebek Warga, Ada Mesum!

Kegiatan yang maraton itu tentu menyebabkan kelelahan. Terlebih jika kurangnya waktu istirahat akan berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Untuk mengatasi kelelahan pasca mudik, teknik akupresur ini mungkin bisa Anda coba.

5 Cara Ampuh Atasi Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Akupresur merupakan salah satu jenis atau cara perawatan kesehatan tradisional yang dilakukan melalui teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur dengan menggunakan jari atau bagian tubuh lain atau alat bantu yang berujung tumpul dengan tujuan untuk perawatan kesehatan.

ilustrasi pijat punggung

Tekan 3 Titik di Tubuh, Sehatkan Paru-paru dan Tingkatkan Imunitas

Staf Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH saat ditemui VIVA di Kemenkes pun memberikan beberapa langkah akupresur untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Akupresur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya 4 jari di bawah lutut di tepi luar tulang kering selama 30 tekanan atau hitungan.

2. Pijat di area atas mata kaki

Lokasi yang letaknya 4 jari di atas mata kaki bagian dalam sebanyak 30 tekanan atau hitungan. Pijatan lokasi ini dilakukan dengan posisi kaki disilangkan ke atas paha.

3. Pijat di punggung tangan

Lokasi yang terletak di punggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan. Pemijatan ini dilakukan sebanyak 30 tekanan atau hitungan.

4. Pijat di garis tengah tubuh depan

Akupresur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat melakukan pemijatan sebanyak 30 tekanan atau hitungan pada lokasi yang terletak di garis tengah tubuh depan di pertengahan ujung bawah tulang dada dengan pusar.

5.  Pijat di area pinggang

Lokasi yang terletak di pinggang sejajar dengan pusar, selebar dua jari tangan ke samping kiri dan kanan dari garis tengah sebanyak 30 tekanan atau hitungan.

6. Pijat di area mata

Pijat di lokasi yang terletak pada empat jari di atas tonjolan mata kaki luar sebanyak 30 tekanan atau hitungan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya