Awas, Kuku Kuning Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

Ilustrasi jari tangan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Pernah mengalami kuku jari-jari kaki menjadi kuning? Biasanya, penggunaan cat kuku yang berlebihan atau infeksi jamur adalah penyebab yang paling mungkin. Namun, kuku kuning di jari kaki bisa menjadi penanda kondisi yang lebih serius lho, Gengs.

Kuku Berwarna Cokelat Kehitaman, Waspada Kanker

Kuku mengandung protein keratin yang fungsinya mengeraskan kuku. Protein tersebut juga terdapat pada rambut dan kulit. Kuku terdiri dari beberapa bagian, yaitu nail plate, nail bed, lipatan kuku, kutikula dan lunula.

Kuku tumbuh saat sel-sel yang hidup di bawah kutikula memperbanyak dan mendorong sel yang lebih tua ke depan. Sel-sel mati ini membentuk lempengan kuku yang mengeras yang melindungi jari kaki. Bagian dari kuku yang menjadi kuning dapat disebabkan karena proses penuaan alami.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Perubahan warna, ketebalan, dan bentuk kuku kaki dapat terjadi saat seseorang bertambah tua dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, kuku kaki kuning juga dapat terjadi karena alasan lain. Lalu, apa penyebab dan bagaimana pencegahan dari kuku kuning pada kaki? Dilansir dari MedicalNewsToday, berikut penjelasannya.

BACA SELENGKAPNYA

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker
Ilustrasi kuku.

Cara Memutihkan Kuku, Murah dan Praktis Dilakukan

Cara memutihkan kuku bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan atau nail art.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2022